Cegah Penyelundupan Narkoba, Polisi Sintang Sasar Jasa Pengiriman Barang

Peredaran narkoba melalui jasa pengiriman menjadi salah satu modus pengedar. Kami ajak untuk bersama melakukan pencegahan

Cegah Penyelundupan Narkoba, Polisi Sintang Sasar Jasa Pengiriman Barang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kanit sabhara Polsek Sintang Kota Ipda Nikadelis Dekok menyambangi Kantor Paket Express Indah Group di Jalan MT Haryono Sintang, Sabtu (6/1/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kanit Sabhara Polsek Sintang Kota Ipda Nikadelis Dekok saat melaksanakan patroli menyambangi Kantor Paket Express Indah Group di Jalan MT Haryono Sintang, Sabtu (6/1/2018) pagi.

Ipda Nikadelis Dekok mengajak perusahaan jasa pengiriman barang tersebut membantu mencegah peredaran narkoba karena sebagian pelaku kerap menyelundupkan barang haram itu melalui jasa ekspedisi.

"Peredaran narkoba melalui jasa pengiriman menjadi salah satu modus pengedar. Kami ajak untuk bersama melakukan pencegahan," katanya saat bertandang di Kantor Paket Express Indah Group.

Ia menambahkan, hampir sebagian besar kasus penyelundupan narkoba yang diungkap memanfaatkan perusahaan-perusahaan jasa pengiriman barang yang memiliki cabang banyak di sejumlah daerah.

"Banyaknya temuan narkoba melalui pengiriman paket karena sebagian besar perusahaan jasa tersebut tidak memiliki alat deteksi narkoba sehingga paket haram itu bisa lolos," katanya.

Baca: Amankan Pelaksanaan Pilgub di Sintang, Apel Gelar Pasukan Cek Kesiapsiagaan TNI-Polri

Ia mengimbau perusahaan jasa pengiriman barang melengkapi usahanya dengan alat pendeteksi narkoba.

Sebagian modus yang digunakan biasanya dengan memanfaatkan perantara atau kurir yang bertugas mengambil paket apabila sudah tiba di tempat tujuan.

Baca: Satnarkoba Polres Singkawang Amankan Tersangka Narkoba, Ini Barang Buktinya

"Untuk mengelabuhi petugas, alamat tujuan yang tertera pada paket juga terkadang alamat fiktif," terangnya.

Seperti yang pernah diungkap oleh Direktorat Narkoba Polda Kalbar saat menggagalkan upaya penyelundupan dua puluh satu kilogram sabu yang dikirim dari Pontianak dengan tujuan Jakarta menggunakan jasa pengiriman.

Baca: Miliki Sabu 0,53 Gram, MRS Dibekuk Satresnarkoba Sintang

Sebelum meninggalkan kantor Paket Express Indah Group, Kanit Sabhara Ipda Nikadelis Dekok menghimbau kepada petugas untuk menghubungi Polsek Sintang Kota apabila menemukan barang mencurigakan seperti Narkoba ataupun barang lainnya yang dilarang oleh Perundang Undangan

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help