TribunPontianak/

Tawarkan Jasa Profesional, Laundry Maestro Target 6 Ton Perbulan

Bisnis jasa cuci pakaian atau laundry kian menggiurkan. Meski usaha ini sudah menjamur terbukti orderan tak pernah sepi.

Tawarkan Jasa Profesional, Laundry Maestro Target 6 Ton Perbulan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Selain menawarkan jasa, Laundry Maestro juga menjual peralatan lengkap 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bisnis jasa cuci pakaian atau laundry kian menggiurkan. Meski usaha ini sudah menjamur terbukti orderan tak pernah sepi.

Hal ini lah yang melatarbelakangi Arif Rahman yang merupakan Alumni FKIP, Prodi Kimia, Untan membuka Toko Perlengkapan laundry Maestro dan menawarkan jasa laundry.

Beralamat di Sepakat II Untan dan Tabrani Ahmad, Laundry Maestro menargetkan orderan hingga 6 ton perbulan. Meskipun diakuinya realisasi biasanya tak menentu tetapi dengan margin yang cukup tinggi bisnis laundry masih cukup menjanjikan hingga kedepannya.

Bisnis laundry diakui Arif memberikan peluang besar, apalagi melihat trend masyarakat dengan mobilisasi yang tinggi sehingga minim waktu mengerjakan pekerjaan rumah. "Jasa laundry biasanya lebih dipilih. Apalagi saat ini lebih hemat laundry dari pada mencuci sendiri atau menggunakan jasa asisten rumah tangga. Selain itu banyak kelebihan jasa ini dibandingkan yang lain," ujar Arif pada Jumat (5/1/2018).

Agar Laundry Maestro tetap bersaing banyak cara kata Arif yang dilakukan untuk membuat konsumen tetap konsisten memakai jasanya. "Melihat persaingan memang ketat, dimana-mana ada laundry. Pelayanan menjadi yang utama dengan selalu bersikap ramah, senyum, kualitas cucian, parfum hingga kerapian. Jadi meskipun banyak laundry, kita bersaing pada kualitas," ujarnya.

Usaha Arif yang sudah berjalan tahun ke-7 sejak 2011 menawarkan harga jasa yang bervariasi mulai dari Rp 7.000, Rp15.000 dan ada juga Rp25 ribu. Harga untuk jasa yang ditawarkan kata Arif semakin cepat semakin mahal dengan pelayanan tercepat hanya 3 jam. Arif yang tak main-main dengan kualitas mengaku untuk jasa profesional dengan modal mulai dari Rp12 juta usaha sudah bisa berjalan.

"Karena semakin lengkap peralatan maka kebutuhan modal akan semakin besar. Jika ingin membuka laundry profesional diusahakan kita menggunakan ruko, kios yang benar-benar untuk laundry. Modal awal saya plus cabang yang baru dibuka sekitar Rp60 juta dengan peralatan yang komplit," ujarnya.

Peralatan diakuinya juga bisa menjadi nilai tambah, antara laundry menggunakan sinar matahari dengan mesin pengering pelanggan diakui Arif lebih memilih menggunakan mesin pengering.

"Antara setrika listrik dan setrika uap pelanggan juga cenderung memilih menggunakan setrika uap. Jadi jika ingin bersaing lengkapi peralatan, buat kualitas jasa berkelas," ujarnya yang juga menjual peralatan laundry.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help