Polres Belum Berikan Layanan Prima, Ini Kata Pengamat

Kalau memang dari 100 persen, ada 20 persen yang kurang prima, saya rasa perlu ditingkatkan kembali...

Polres Belum Berikan Layanan Prima, Ini Kata Pengamat
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan 20 persen dari 170 polres belum memberikan pelayanan publik yang prima.

Angka tersebut didapatkan dari Ombudsman yang telah meneliti tingkat pelayanan publik dengan sampel 170 polres se-Indonesia. 

Pengamat Sosial Sabran Achyar menilai bahwa pelayanan publik yang prima memang harus dilakukan oleh semua instansi, baik pemerintah, TNI, dan termasuk Polri. Pelayanan publik harus dilaksanakan dengan baik. Karena misi pelayanan adalah kan Good Goverment.

Baca: Polres Sintang Targetkan Layanan Publik Sistem Online di Tahun 2018

Kemudian bagaimana pelayanan ini bisa memuaskan konsumen yang membutuhkan.

Dinamika pelayanan ini memang menjadi suatu keharusan. Kalau memang dari 100 persen, ada 20 persen yang kurang prima, saya rasa perlu ditingkatkan kembali.

Namun yang terpenting adalah mencari sebabnya apa, kendalanya apa, saya rasa perlu adanya evaluasi. Mungkin saja faktor-faktor budaya di Polres dalam pelayanan belum maksimal dalam mewujudkan apa yang diinginkan oleh masyarakat. 

Baca: Tingkatkan Pelayan Publik di Tingkat Polres, Ini Yang Dilakukan Polda Kalbar

Kalau mau mendekati 100 persen memang perlu proses. Harus sangat memperhatikan bagaimana keterbukaan informasi, keterbukaan pelayanan, dan sebagainya yang perlu ditingkatkan kembali. 

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help