TribunPontianak/

Dana Pihak Ketiga Capai Rp 3,95 Triliun, BNI Catat Pertumbuhan 13 Persen

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sepanjang 2017 berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp3,95 triliun.

Dana Pihak Ketiga Capai Rp 3,95 Triliun, BNI Catat Pertumbuhan 13 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Suasana layanan di Kantor BNI 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sepanjang 2017 berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp3,95 triliun.

Head Of Network Services PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Kalbar, Suhardi Petrus mengatakan komposisi DPK cukup baik dimana porsi dana murah (CASA) mencapai 75,90 persen dari total DPK pada akhir 2017.

"DPK Kalbar mencapai Rp 3,95 triliun tumbuh 13 persen dibanding tahun 2016. Target kuta untuk Kalbar sepanjang 2017 sebesar Rp4 triliun. Sedangkan komposisi dana murah per akhir tahun 2017 sebesar 75,90 persen sedikit turun dibanding tahun 2016 yang berada diangka 76 persen," ujar Suhardi, pada Kamis (4/1/2017).

Baca: Lewat Rumah Kreatif, BNI Ikut Bantu Bina UMKM dan Fasilitasi Pembiayaan

Dampak penurunan suku bunga tabungan diakui Suhardi tidak terlalu berpengaruh untuk DPK tabungan. "Terutama masyarakat tidak sensitif dengan pada suku bunga. Kita terus memperbanyak pembukaan rekening baru menjadi salah satu strategi serta meningkatkan transaksi melalui e-channel," ujarnya.

Sementara dana mahal diakui Suhardi hanya berkisar 24 persen. Dengan dana mahal yang paling banyak adalah rentang di atas Rp500 juta. Sedangkan untuk cabang di daerah mayoritas range simpanan berkisar Rp100 juta. Produk tabungan yang ditawarkan pun diakui Suhardi beragam seperti Taplus.

"Taplus ada Taplus muda, Taplus anak, Taplus bisnis dan keempat tabungan tersebut bisa digunakan untuk traksaksi. Kita juga punya tabungan perencanaan (Tapenas) dan simponi (DPLK). Kita targetkan per outlet membuka 10 rekening baru per hari," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help