Jalan-jalan di Taman Sambil Mengenal Para Pemimpin Pontianak dari Masa ke Masa, Disini Tempatnya

Saya rasa ini tempat yang tepat untuk rekreasi, karena tidak hanya terhibur tapi kita juga mendapat edukasi, dapat banyak informasi

Jalan-jalan di Taman Sambil Mengenal Para Pemimpin Pontianak dari Masa ke Masa, Disini Tempatnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Claudia Liberani
Seorang pengunjung sedang berdiri di depan papan kaca yang memuat informasi mengenai wali kota Pontianak periode ke-9, T.B. Hisny Halir, Rabu (3/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Malam pergantian tahun baru yang lalu, wali kota Sutarmidji meresmikan dua taman baru yaitu Taman Ayani dan Taman Arboretum Sylva Untan.

Kedua taman ini tidak hanya asri tapi menawarkan pengalaman jelajah sejarah saat menyusurinya. Karena di taman Ayani terdapat papan kaca yang berderet memanjang, mereka memuat wajah-wajah para wali kota Pontianak, mulai dari ketika Pontianak masih berstatus stadsgemeente atau landschaap gemeente, setara dengan kotamadya pada zaman kependudukan Belanda, sampai Wali Kota yang sekarang, Sutarmidji.

Tidak hanya itu, menjelajahi taman ini akan membawa pengunjung bertemu papan-papan kaca lainnya yang informatif. Berisi hal-hal yang berkaitan dengan Kota Khatulistiwa.

Ada papan kaca yang berisi tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di Kota Pontianak yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke kota ini.\

(Baca: Ada Daerah Nol Dukungan ke Kartius-Pensong, Ini Penjelasan Bawaslu Kalbar )

Ada pula papan kaca yang memuat informasi mengenai makanan khas yang ada di Pontianak mulai dari Bingke berendam, chai kue, paceri nanas, sotong pangkong, tau suan, lemang, lepat lau, hingga pisang goreng srikaya yang dibuat dari pisang kepok tersaji.

Seorang pengunjung yang berasal dari Kubu Raya, Trisnawati mengungkapkan ketakjubannya pada taman yang baru saja diresmikan ketika malam pergantian tahun 2018.

"Tempatnya menyenangkan karena asri, banyak pepohonan, tempat duduk juga tersedia dan yang paling menarik adalah tersedianya papan-papan kaca yang memuat nama dan wajah pemimpin Pontianak dari masa ke masa kemudian ada juga makanan khas dan tempat wisata di sini," ungkapnya, Rabu (3/1/2017).

Dia mengatakan taman ini tidak hanya indah dipandang tapi juga memberi banyak informasi mengenai kota Pontianak.

(Baca: Kartius-Pensong Tak Lolos Hasil Rekapitulasi, KPU Kalbar Beri Kesempatan Seperti Ini )

"Saya rasa ini tempat yang tepat untuk rekreasi, karena tidak hanya terhibur tapi kita juga mendapat edukasi, dapat banyak informasi," tuturnya.

Hal serupa disampaikan Kamal, pemuda asal Pontianak yang kuliah di Bandung. Dia memuji ide Pemkot Pontianak yang mampu mengemas taman ini menjadi tempat bersantai sekaligus belajar. Apalagi dilengkapi dengan fasilitas SPLU yang dinilainya sangat membantu pengunjung.

"Taman ini bagus, menyenangkan karena masyarakat akhirnya punya pilihan lain untuk jalan-jalan, apalagi ketika libur begini," ucap lelaki yang datang bersama keponakannya ini.

Penulis: Claudia Liberani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help