9 Naga Bakal Meriahkan Imlek & Cap Go Meh Singkawang, Panitia Kemas Agar Spektakuler

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun 2018, 2 Maret mendatang diyakini akan berlangsung...

9 Naga Bakal Meriahkan Imlek & Cap Go Meh Singkawang, Panitia Kemas Agar Spektakuler
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / LEO PRIMA
Ritual cuci jalan diikuti ratusan tatung di kota Singkawang, Jumat (10/2/2017). Ribuan pengunjung berkumpul di sekitar Vihara Tri Dharma Bumi Raya, di Jl Sejahtera singkawang. Sejumlah wisatawan, baik dari dalam maupun liar negeri tambak hanyut menyaksikan atraksi.para tatung. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun 2018, 2 Maret mendatang diyakini akan berlangsung meriah.

Hal ini diungkapkan ketua panitia Cap Go Meh 2018, Leonardi Tjhai yang mengaku akan berupaya untuk mengemas perayaan tersebut agar menjadi spektakuler.

Beragam agenda pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2018 di Singkawang.
Beragam agenda pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2018 di Singkawang. (IST)

"Untuk Cap Go Meh tahun 2018, akan kita kemas agar bisa menjadi spektakuler. Kami telah membuat perencanaan dan program yang menarik dengan menampilkan beberapa even unggulan di perayaan yang sudah dikenal baik di tingkat nasional bahkan internasional tersebut," katanya, Rabu (27/12/2017).

Pada perayaan kali ini diakuinya masih tetap akan didominasi hiasan seni lampion.

Diantaranya dalam bentuk gapura/gerbang Cap Go Meh di jalan Pangeran Diponegoro tepat di samping pohon beringin/Bank BNI.

"Selain lampion nanti juga akan ada hiasan berbentuk 12 shio yang saat ini sudah dalam pengerjaan di Kota Singkawang. Untuk lampion akan dipasang 10.000 lampion di pusat kota," lanjutnya.  

Selain itu akan ada banyak perlombaan disertakan dalam rangkaian acara tersebut.

Tentunya dengan mempertahankan beberapa perlombaan yang rutin mengisi acara Cap Go Meh dengan ditambah beberapa perlombaan menarik lainnya.

"Nantinya akan ada berbagai perlombaan juga yang kami siapkan, diantaranya lomba hias kampung, hias tempat tinggal, hias ruko dan lomba hias mobil, kompetisi barongsai se-Kalbar, pemilihan Ako Amoy dan perlombaan karaoke," tuturnya.

Tak ketinggalan menurut dia tentu saja atraksi para tatung, yang dimana Tatung merupakan satu di antara icon perayaan Cap Go Meh di Singkawang.

"Untuk tatung nanti, akan kita lebih perhatikan para Tatung dan kita kemas dengan kualitas yang baik agar enak ditonton, menarik dan indah," ujarnya.

Pada perayaan CGM 2018 menurutnya juga akan sedikit berbeda dengan kehadiran 9 naga (Qiu Lung).

Dimana nantinya 9 naga ini berbeda satu dan lainnya dengan 9 warna yang menarik, yang rencanakan akan ditempatkan pada H-9 di Stadion Kridasana Singkawang.

"Kita tampilkan di Stadion Kridasana supaya masyarakat luas bisa menikmati keindahan 9 naga dan bisa foto bersama dengan 9 naga juga bisa ditonton. Pada puncak hari H Cap Go Meh akan ada prosesi mengantar 9 naga ke langit yaitu prosesi bakar naga di Stadion Kridasana pada pukul 15.30 WIB," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help