Hari Ibu

Peran Ibu di Zaman Now

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini.

Peran Ibu di Zaman Now
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hari ini, tanggal 22 Desember masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu.

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini.

Misi itulah yang tercermin menjadi semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama.

Bermula pada 22-25 Desember 1928, kaum perempuan (kaum Ibu) menyelenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta.

Tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia pertama itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Hari Ibu memiliki makna yang lebih mendalam dari hanya sekadar kasih sayang ibu dan anak.

Itulah tonggak sejarah perjuangan perempuan Indonesia mencapai kemerdekaan, menebalkan rasa kebangsaan.

Momen ini juga dimaksudkan sebagai penghargaan terhadap perjuangan dan kemajuan perempuan khususnya seorang ibu, di berbagai bidang baik dalam lingkup domestic maupun publik.

Selanjutnya arti Hari Ibu telah banyak berubah, karena hari itu diperingati secara nasional dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved