Public Service

BBM Satu Harga di Kalimantan Barat

Yang sudah direalisasikan di Kecamatan Paloh, Sambas dan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.....

BBM Satu Harga di Kalimantan Barat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Halo Tribun, saya baca berita di Tribun Pontianak tentang program BBM satu harga yang ada di seluruh Indonesia termasuk Kalimantan Barat. Dua di antaranya yang sudah direalisasikan di Kecamatan Paloh, Sambas dan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang. Yang belum diresmikan di Sajingan, Sambas, dan di Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu. Mohon penjelasannya mengapa memilih daerah tersebut?
08783889xxx

Daerah 3 T Sama Pentingnya dengan Wilayah Lain

Terim kasih atas pertanyaannya. Ya benar, Pertamina membuka SPBU di Dusun Aruk, Kabupaten Sambas dan SPBU di Puri Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang akan diresmikan Desember 2017.

SPBU di Puring Kencana ini bukan SPBU biasa, karena SPBU ini merupakan bagian dari Program BBM Satu Harga di daerah 3T (Terpencil, Terluar, Tertinggal).

(Baca: Pertamina Suplai BBM Program Satu Harga ke Puring Kencana Kapuas Hulu )

Hadirnya SPBU di Dusun Aruk yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini membuktikan wilayah tersebut sama pentingnya dengan wilayah lain di seluruh Indonesia.

Sebelumnya warga di wilayah Dusun Aruk harus menempuh perjalanan sejauh 75 km dari lembaga penyalur terdekat di Dusun Sekura, Kabupaten Sajingan, Kalbar.

Ini menyebabkan harga BBM eceran mencapai kisaran harga Rp. 8000,- sd Rp. 10.000,- Di SPBU No 65.94002 yang baru berdiri ini, masyarakat bisa mendapatkan produk Solar dengan harga Rp 5.150/liter, Premium Rp. 6.450/liter dan Pertalite Rp.7.700,- di SPBU.

BBM satu harga dicanangkan Pemerintah untuk mengupayakan pemerataan biaya di seluruh Indonesia dan sebagai salah satu implementasi Instruksi Presiden (InPres) serta merealisasikan Peraturan Menteri ESDM No.36 Tahun 2016, perihal percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional sejak 1 Januari 2017.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved