Dunia Bersatu Melawan Donald Trump

Dunia serempak mengecam bahkan mengutuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump serta menyampaikan dukungan terhadap Palestina.

Dunia Bersatu Melawan Donald Trump
CNN.com
Donald Trump 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dunia serempak mengecam bahkan mengutuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump serta menyampaikan dukungan terhadap Palestina.

Langkah Trump mendeklarasikan dukungan Amerika terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berniat memindahkan kantor Kedubes negara itu dari Tel Aviv ke Yerusalem telah mengusik warga dunia, khususnya negara berpenduduk Islam.

Bahkan, Uni Eropa, sekutu Trump di Benua Biru, mengecam keras langkah Trump yang diumumkan di Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Pengumuman resmi itu membalik kebijakan Amerika sejak 1948 yang menolak pengakuan tersebut. Langkah Trump dinilai telah mengoyak proses perdamaian di Palestina yang sudah berlangsung selama ini dan bisa mengancam stabilitas dunia.

(Baca: Bikin Syok! Sahabat Jonghyun SHINee Ungkap Percakapan Terakhir Mereka )

Karena bisa menjadi amunisi tambahan bagi kelompok-kelompok yang kerap membajak isu perjuangan Palestina untuk menyebarkan paham radikal dan melakukan aksi-aksi terorisme.

Itulah sebabnya negara-negara lain seperti Inggris, Tiongkok, Turki, Suriah, dan Irak mengecam dan mempersoalkan kebijakan Trump itu.

Konflik Israel-Palestina juga melampaui persoalan agama, yakni terkait dengan kemanusiaan, keadilan, dan perdamaian dunia.

Itulah sebabnya pemimpin Katolik dunia, Paus Fransiskus, juga mengecam Trump. Paus Fransiskus menegaskan Yerusalem merupakan kota suci bagi umat Yahudi, Kristen, dan Islam, yang memiliki tempat-tempat suci berdasarkan kepercayaan masing-masing umat di kota itu.

Seharusnya itu menjadi kota yang penuh kedamaian.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved