Capai 48.786 Rekening Simpel Dengan Saldo 10,7 Miliar, Bank Kalbar Akan Luncurkan 10 Mobil Simpel

Untuk memaksimalkan program tersebut Bank Kalbar mencanangkan separuh atau 50 persen mobil Simpel akan beroperasi di sekolah.

Capai 48.786 Rekening Simpel Dengan Saldo 10,7 Miliar, Bank Kalbar Akan Luncurkan 10 Mobil Simpel
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Direktur Utama Bank Kalbar sekaligus Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), Samsir Ismail 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan nasional sejak Juni 2015 lalu meluncurkan produk tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar (Simpel).

Setelah resmi meluncurkan Simpel Jumat 11 Desember 2015 lalu di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Bank Kalbar sudah membukukan sebanyak 48,786 rekening Simpel.

Direktur Utama Bank Kalbar sekaligus Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), Samsir Ismail mengatakan Bank Kalbar pada 2018 menargetkan seluruh pelajar di Kalbar memiliki Simpel. Hal tersebut dalam rangka mendorong peningkatan inklusi keuangan, khususnya di Kalbar.

(Baca: Perempuan Tani Kembangkan Beras Merah dan Hitam untuk Ekonomi Hijau )

"Simpel belum semua, harapan kita terus meningkat. Jumlah nasabah tabungan Simpel Bank Kalbar saat ini sebanyak 48.786 dengan saldo tabungannya Rp10,796. Target 2018 seluruh pelajar di Kalbar. Simpel diperuntukkan untuk siswa mulai PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SMTs, dan MA dengan persyaratan yang lebih ringan dan terjangkau," ujar Samsir pada Rabu (13/12/2017).

(Baca: TPAKD KKR Jadi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ke-58, Ini Harapan OJK )

Untuk memaksimalkan program tersebut Bank Kalbar mencanangkan separuh atau 50 persen mobil Simpel akan beroperasi di sekolah.

"Program simpel kedepannya kami telah mencanangkan 50 persen mobil Simpel untuk menjangkau sekolah. Untuk tahap pertama dari 21 cabang yang ada, 10 mobil akan siap beroperasi pada awal 2018," ujarnya.

Mobil tersebut nantinya kata Samsir akan menjangkau sekolah, terutama di kabupaten kota dimana ada kantor cabang Bank Kalbar.

"Sisanya mudah-mudahan bisa kami usahakan dan masukkan pada RBB perubahan. Sehingga nantinya semua kantor cabang kami baik di kecamatan maupun kabupaten kota bisa melayani tabungan Ku untuk simpanan pelajar bagi pelajar di Kalbar," ujarnya.

Bersama forum atau FKIJK kata Samsir selain memperkenalkan Simpel juga memperkenalkan Tabungan Ku.

"Tidak ada tantangan dalam penerapan hanya saja keterbatasan SDM, sementara kami masih menggunakan tenaga pemasaran yang ada. Kedepan semoga memiliki tenaga khusus yang menangani tabungan Simpel ini," ungkapnya.

FKIJK kedepannya berkolaborasi dengan seluruh perbankan yang ada di Kalbar diakuinya akan mengedukasi agar masyarakat mengenal produk perbankan. Selain dengan perusahaan Pegadaian, Asosiasi asuransi, Bursa Efek kerjasama juga akan dilakukan dengan pihak penghimpun dana pensiun.

"Kami berusaha mengenalkan tidak hanya produk-produk perbankan, tapi juga produk sektor keuangan lainnya seperti asuransi, bursa efek, pegadaian, dana serta pensiun," ujar Samsir.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help