TribunPontianak/

Capai 10 Juta Rekening Simpel Secara Nasional, Nabungnya Bisa 1000 Rupiah

Ia mengatakan keberadaan Simpel akan mendorong percepatan literasi dan inklusi sektor keuangan di Indonesia yang terbilang masih rendah.

Capai 10 Juta Rekening Simpel Secara Nasional, Nabungnya Bisa 1000 Rupiah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan nasional sejak Juni 2015 lalu meluncurkan produk tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar (Simpel).

Pasca diluncurkan secara nasional, Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro mengatakan sudah ada 10 Juta rekening tabungan Simpel.

Ia mengatakan keberadaan Simpel akan mendorong percepatan literasi dan inklusi sektor keuangan di Indonesia yang terbilang masih rendah.

(Baca: Capai 48.786 Rekening Simpel Dengan Saldo 10,7 Miliar, Bank Kalbar Akan Luncurkan 10 Mobil Simpel )

Simpel kata Eko merupakan tabungan untuk siswa yang diluncurkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik.

Lantaran masih rendahnya literasi keuangan masyarakat, Simpel kata Eko juga bertujuan memberikan edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

(Baca: Memprihatinkan, Komisi A DPRD Sambas Desak Dinas PU Provinsi Perbaiki Jalan Teluk Keramat - Paloh )

Perbedaan mendasar Tabungan Simpel dengan jenis tabungan lainnya, Tabungan Simpel diperuntukkan khusus untuk siswa mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SMTs, dan MA dengan persyaratan yang lebih ringan dan terjangkau.

Setoran awal hanya senilai Rp 5 ribu dan minimum setoran berikutnya Rp 1.000. Selain itu, tabungan Simpel juga bebas biaya administrasi bulanan.

Karena tidak ada bunga maka akan diberikan hadiah bagi siswa yang menabung dengan pencapaian saldo tertentu. Jika produk Tabungan Ku atas nama orangtua, Simpel atas nama siswa bersangkutan.

"Adanya Simpel membuat anak memiliki rekening sendiri dan secara tidak langsung akan meningkatkan inklusi keuangan. Targetkan kami tahun 2019 mendatang seluruh pelajar telah memiliki rekening tabungan Simpel, baik itu melalui bank berplat merah maupun bank bukan plat merah," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help