TribunPontianak/

VO Dinyatakan Belum Positif Mengidap Penyakit Difteri

Ia menjelaskan terhadap VO pihaknya langsung melakukan penanganan karena mendapat infermaso adanya suspect defteri dari rumah sakit.

VO Dinyatakan Belum Positif Mengidap Penyakit Difteri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SUBANDI
IA ibu pasien suspect difteri, VO saat ditemui awak media di RSUD Agoesdjam Ketapang, Senin (11/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Terhadap VO (5) yang sedang dirawat di RSUD Agoesdjam Ketapang lantaran suspect difteri.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, DRG Basaria Rajagukguk menjelaskan tentang suspect defteri.

Menurutnya pasien suspect defteri artinya pasien yang belum positif mengidap penyakit difteri tapi hanya mengarah ke penyakit itu saja. Ia menegaskan termasuk VO juga hingga sekarang belum dinyatakan positif mengidap defteri.

(Baca: Keluarga Pasien Suspect Difteri Mulai Dihindari Kenalannya )

“Masih suspect ya jadi belum positif ya. Pasien tersebut juga harus diambil sampelnya untuk diketahui positif defteri atau tidak,” kata Basaria kepada wartawan di Ketapang, Senin (11/12/2017).

Ia menjelaskan terhadap VO pihaknya langsung melakukan penanganan karena mendapat infermaso adanya suspect defteri dari rumah sakit.

(Baca: Kasatpol PP Tegaskan Tindak Siapapun Yang Halangi Pembangunan Jembatan Landak )

“Maka kita langsung melakukan penyelidikan ke lokasi kejadian,” ungkapnya.

 Menurutnya terus terhadap pasien juga sudah langsung dilakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan difteri. Di antaranya pasien sudah dilakukan isolasi dan diberikan serum anti defteri dan lain sebagainya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi sama pihak provinsi. Apabila pasien itu positif defteri maka pihaknya akan mendapat media untuk pemeriksaan keluarga pasien. “Jadi nanti keluarganya juga akan kita periksa kalau pasein itu sudah dinyatakan postif,” ucapnya.

“Saat ini kita masih menunggu hasil pengambilan sampel oleh petugas laboratorium. Jadi kita nanti akan menyiapkan serum defteri. Kalau pasien itu positif maka semua keluarganya akan divaksin juga. Tetangga sekitarnya juga akan diberi anti biotic,” lanjutnya. 

Penulis: Subandi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help