Hairiah Ajak Sukseskan Tahun Politik 2018-2019

Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengungkapkan, Indonesia akan segera memasuki tahun politik 2018-2019.

Hairiah Ajak Sukseskan Tahun Politik 2018-2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Wakil Bupati Sambas, Hairiah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengungkapkan, Indonesia akan segera memasuki tahun politik 2018-2019.

Pada tahun 2018 dijadwalkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, sedangkan pada tahun 2019 akan digelar Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak.

Sehingga menurutnya akan banyak agenda politik, mulai dari administratif yang paling kecil hingga pusat.

"Ada kekhawatiran konflik kepentingan terutama elit politik. Tapi, hal itu telah diantisipasi melalui mekanisme hukum. Sebagai bagian dari Bangsa Indonesia ini, sangat penting untuk kita turut menyukseskan tahun politik," ungkapnya, Senin (11/12/2017).

Hairiah mengimbau agar masyarakat semakin cerdas menggunakan hak pilihnya pada pemilihan nanti.

"Saya berharap, partisipasi masyarakat Kabupaten Sambas pada tahun politik nanti meningkat. Kita harus aktif mencari tahu, apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih. Cari informasi terbaru tentang tata cara pemilihan. Bagi petugas pemilihan juga harus profesional dan berintegritas," ujarnya.

Menurut Hairiah, Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018 atau gelombang ketiga, berbeda dengan gelombang sebelumnya. Menurutnya, Pilkada langsung serentak 2018 beririsan langsung dengan pemilihan umum 2019.

"Saya meyakini suhu politiknya pun akan terasa berbeda, karenanya penyelenggara pemilihan di semua tingkatan harus profesional, berintegritas, melayani pemilih agar dapat menunaikan konstitusionalnya secara rasional, cerdas, mandiri dan penuh tanggung jawab. Karena kita menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa pemilu atau pemilihan ini adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat adalah penting bagi kehidupan kita," tegas Hairiah.

Ia menjelaskan, kontribusi pada pemilihan, dipastikan memberikan pengaruh pada kebijakan politik untuk 5 tahun ke depan.

"Pemda Kabupaten Sambas mengapresiasi kinerja KPUD Kabupaten Sambas dalam mempersiapkan tahun politik. Saya meminta masyarakat Kabupaten Sambas untuk dewasa menyikapi tahun politik nanto. Beda pilihan wajar, tetapi tetap kita ke depankan kerukunan dan kebersamaan," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help