Penghujung Tahun 2017, Kecelakaan di Kayong Utara Banyak Terjadi Pada Malam Hari

Beberapa kasus kecelakaan ini diakui Aipda Pastiawan bisa saja disebabkan faktor alam dan faktor kelalaian manusia.

Penghujung Tahun 2017, Kecelakaan di Kayong Utara Banyak Terjadi Pada Malam Hari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZI
Pengendara roda dua melintas dijalan yang habis diguyur hujan. 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Memasuki musim hujan dan angin kencang saat ini, pihak Satuan Lalu Lintas Polres Kayong Utara mengimbau kepada pengendara untuk dapat berhati-hati saat berkendara.

Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Kurniawan melalui  Kaur Binops Satlantas, Aipda Pastiawan mengatakan diakhir tahun 2017 dari data laka yang terjadi banyak kasus kecelakaan lalu lintas pada malam hari.

Beberapa kasus kecelakaan ini diakui Aipda Pastiawan bisa saja disebabkan faktor alam dan faktor kelalaian manusia.

"Faktor alam mungkin karena hujan. Akibat hujan pandangan pengemudi kurang bebas, akhirnya disitulah terjadi kecelakaan,"ucap Aipda Pastiawan, Senin (11/12/2017).

(Baca: Agus Diciduk Polisi Karena Tak Kembalikan Tas Pejabat BI Yang Jatuh, Isinya Uang dan Iphone 7 ) 

Dilanjutkannya, menyangkut faktor manusia, mungkin dibeberapa titik jalan tidak tersedianya Penerangan Jalan Umum (PJU).

Diakuinya, terkait PJU, memang bukan merupakan kewenangan dari pihak Kepolisian, yang mana di dalam ketentuan undang-undang yang ada, PJU merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan.

(Baca: Kisah Seorang Bapak Penjual Es Krim di Tengah Laut, Demi Keluarga Pertaruhkan Nyawa ) 

Pihak Kepolisian, sambungnya hanya memberikan analisa di titik-titik mana saja yang rawan kecelakaan pada malam hari.

"Yang sering terjadi kecelakaan pada malam hari berada di depan Kantor Diknas KKU, jalan Bhayangkara. Menurut data kami (Polres Kayong Utara) sudah ada 3 kejadian, akibat kejadian tersebut (Lakalantas) , korban kecelakaannya meninggal dunia, dan malam hari terus,"ungkap Aipda Pastiawan.

Pihak Kepolisian sudah melakukan analisa melalui olah TKP, penyebab tingginya kasus kecelakaan di daerah tersebut, adapun penyebab kecelakaan berdasarkan analisa Kepolisian adalah, minimnya Penerangan Jalan Umum.

"Kalau dari segi kondisi jalan, tidak ada masalah, jalannya bagus, lurus dan tidak berlobang. Hanya kurang terang saja, meskipun ada lampu jalan, tetapi agak terlalu jauh dari jalan,"jelasnya.

Selain jalan Penerangan Jalan Umum yang minim, ada beberapa pengendara yang tidak menggunakan lampu kendaraan standar, bahkan hingga kendaraan yang tidak memiliki lampu, sehingga hal-hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help