TribunPontianak/

GOPTKI Buka Pola Pikir Para Guru PAUD, Mengajar Lewat Materi Kekinian

Oleh karena itu, pihaknya ingin membuka pola pikir para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan materi kekinian agar....

GOPTKI Buka Pola Pikir Para Guru PAUD, Mengajar Lewat Materi Kekinian
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan Darsani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kalimantan Barat, Ratna Yuniar, mengatakan kini sedang hangat berbagai isu yang berkaitan dengan anak.

Oleh karena itu, pihaknya ingin membuka pola pikir para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan materi kekinian agar tidak monoton, Minggu (10/12/2017).

"Penting untuk diketahui bagi pendidik anak usia dini tentang bagaimana mengelola prilaku anak usia dini, mengenalkan pendidikan reproduksi kepada anak usia dini, " ujarnya.

(Baca: Sekda Mempawah Minta Pendidik PAUD Ciptakan Suasana Belajar yang Kreatif )

Dirinya mengatakan saat ini banyak terjadi pelecehaan seksual mengincar korban dari kalangan usia anak-anak.

Sebagai pembelajaran, Ratna menceritakan kasus di satu antara daerah di Kalnar ada seorang bocah pelajar tiba-tiba enggan ke sekolah.

Setelah diselidiki, ternyata sang anak ketakutan dan trauma karena di sekolah ada lima teman pria yang selalu menganggu dengan cara memegang bagian vital dari tubuh si anak.

"Zaman sekarang sering terdengar kejadian serupa sehinga sangat penting bagaimana para guru dan orang tua lebih memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang hal apa yang boleh dan tidak boleh. Ini tidak tabu lagi untuk diberikan edukasi," ujarnya.

Oleh karena itu, peningkatan kompetensi pendidik anak usia dini dalam memahami perilaku peserta didik wajib dilakukan.

"Secara khusus pelatihan akan meningkatkan kemampuan pendidik dalam membekali peserta didik untuk mengenal tentang reproduksi," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help