TribunPontianak/
Home »

Bisnis

» Mikro

Perindo Kalbar Bagikan Gerobak Gratis Untuk UMKM

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kota Singkawang membagikan empat unit gerobak mitra binaan UMKM Perindo, Minggu (3/12/2017) lalu.

Perindo Kalbar Bagikan Gerobak Gratis Untuk UMKM
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Gerobak yang diserahkan pada pelaku UMKM Singkawang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Untuk membantu peningkatan ekonomi pedagang usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kalimantan Barat membagikan gerobak secara gratis bagi masyarakat.

Berdasarkan rilis yang dikirim pembagian gerobak untuk UMKM dilakukan di Kota Singkawang.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kota Singkawang membagikan empat unit gerobak mitra binaan UMKM Perindo, Minggu (3/12/2017) lalu.

Ketua DPD Perindo Singkawang, Edi Sukardi menuturkan penyerahan bantuan ini dilaksanakan di depan Kantor DPD Perindo Kota Singkawang, Jalan Ahmad Yani.

(Baca: Kecelakaan di Siantan Tengah, Wanita Paruh Baya Tewas Bersimbah Darah ) 

"Ini merupakan program Gerobak Mitra Binaan UMKM Perindo dari pusat yang tentunya akan kita terapkan di daerah. Penyerahan hari ini, merupakan yang kali pertamanya di Singkawang," kata Ketua DPD Perindo Kota Singkawang Edi Sukardi, Kamis (7/12/2017). 

Edi menjelaskan, target penyaluran bantuan gerobak ini adalah masyarakat yang berwirausaha sebagai pedagang kecil.

Empat gerobak ini diserahkan ke Satori, pedagang es tebu, Bambang pedagang mie goreng, Didin pedagang sekoteng dan Adit pedagang minuman serta nasi goreng. Mereka berdagang di beberapa titik dan juga merupakan pedagang kaki lima.

Diungkapkan Edi, masyarakat antusias mengajukan permohonan untuk mendapat gerobak.

"Kalau pemohonnya banyak, kurang lebih 100-an. Kita lakukan seleksi agar tepat sasaran, kali ini diserahkan empat unit dan selanjutnya akan secara bertahap," pungkasnya.

Program gerobak ini digulirkan agar usaha para pelaku UMKM dapat berkembang, kesejahteraan meningkat dan kualitas hidup masyarakat membaik.

Bahkan seiring usaha yang bertambah maju, penerima gerobak dapat menciptakan lapangan kerja baru karena merekrut tetangga atau anggota keluarga.

Sampai 2019, DPP Perindo yang dipimpin Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, menargetkan membagikan 100 ribu gerobak gratis ke seluruh Indonesia.

Selain membagikan gerobak, Perindo juga menindaklanjuti dengan memberi pembinaan dan pelatihan manajemen, pencatatan keuangan sederhana dan pengembangan usaha.

Penulis: Syahroni
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help