TribunPontianak/

Lebih Mengenal Alam Melalui KKL

Ia mangaku sebagai mahasiswa sudah seharusnya menjaga aset wisata yang ada di Kalbar, satu diantaranya batu burung.

Lebih Mengenal Alam Melalui KKL
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak, Jurusan Geografi saat mendengarkan penjelasan dosen pembimbingnya di Pantai Batu Burung, Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Ketua kelompok KKL IKIP PGRI Jurusan Geografi, Marsianus Heru menilai KKL di sepanjang Tanjung karang dan batu burung memberikan banyak manfaat. Dimana pada kegiatan tersebut diikuti 28 mahasiswa dengan 2 dosen pembimbing.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, apa yang dipelajari di kampus di praktekkan di lapangan. Ini juga bukti nyata terori dikampus terutama untuk makul geologi dan geoformologi," ujarnya, Kamis (7/12).

Kemudian diakuinya pula kondisi alam di tempat kelompoknya KKL juga mengalami perubahan setial tahunnya. Dan ini menurutnya menjadi pembelajaran yang cukup penting selama berada di lapangan.

"Alam disini dari tahun ke tahun berubah, bentuk lahan antropogenik, perubahan yang dipengaruhi aktifitas manusia. Bibir pantai juga mengalami perubahan misalnya bentuk lahan genosional, ketelanjangan batuan, tiap tahun bentuk batu itu berubah, ada batu yang mengelupas bawang," lanjutanya.

Kemudian ia mangaku sebagai mahasiswa sudah seharusnya menjaga aset wisata yang ada di Kalbar, satu diantaranya batu burung.

"Jadi peran mahasiswa pada aset wisata pantai batu burung, mencegah pembuangan sampah sembarang dengan menyediakan tempat sampah. Kemudian kita harus tau menggunakan lahan yang berkelanjutan, misalnya membangun pemecah ombak agar tidak terjadi abrasi," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help