TribunPontianak/

Layani 18 Rumah Sakit, Stok Darah PMI Pontianak Terbatas

Pasien yang membutuhkan darah tidak hanya berasal dari Pontianak, tapi juga merupakan rujukan dari beberapa kabupaten/kota.

Layani 18 Rumah Sakit, Stok Darah PMI Pontianak Terbatas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/CLAUDIA LIBERANI
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pontianak sebagai ibukota Kalimantan Barat menjadi kota rujukan bagi pasien dari berbagai kabupaten/kota di Kalbar.

Hal ini berpengaruh juga pada ketersediaan darah yang ada di PMI Kota Pontianak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengungkapkan, permintaan darah di Pontianak berbanding terbalik dengan ketersediaan darah yang ada di PMI.

(Baca: Hingga Siang ini, Jumlah Stok Darah di PMI Sanggau Hanya Segini ) 

PMI Kota Pontianak melayani 18 rumah sakit yang ada di kota Pontianak, pasien yang membutuhkan darah tidak hanya berasal dari Pontianak, tapi juga merupakan rujukan dari beberapa kabupaten/kota.

"Sementara pendonor hanya dari Kota Pontianak, jadi permintaan memang tinggi dan kita belum bisa memenuhi permintaan ini, sehingga PMI tidak hanya menyediakan darah yang berasal dari pendonor darah sukarela tapi juga dari donor pengganti," katanya, Kamis (7/12/2017).

(Baca: Wanita Terkaya Indonesia Arini Subianto - Gemar Unggah Status Hingga Kaitan dengan Prabowo Subianto ) 

Dia mengatakan kemampuan PMI untuk menyediakan darah yang berasal dari pendonor darah sukarela baru sekitar 75-80 persen, sisanya 20 persen donor darah pengganti yang diperoleh dari keluarga yang sakit yang mencari darah tapi tidak tersedia.

Sebulan PMI Kota Pontianak bisa mengumpulkan 2000 kantong dan itu bisa dipenuhi dari kegiatan PMI keluar.

"Upaya kita untuk memenuhi keterbatasan ini adalah dengan melakukan kegiatan donor darah keluar, kita juga memenuhi undangan masyarakat yang menyumbang darah," pungkasnya.

Penulis: Claudia Liberani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help