TribunPontianak/

Bappeda Akui Banyak Lahan Milik Masyarakat Belum Bersertifikat

Yusran menuturkan banyak sekali masih pentani-petani mandiri atau plasma di Kubu Raya memiliki lahan tanpa memiliki sertifikat.

Bappeda Akui Banyak Lahan Milik Masyarakat Belum Bersertifikat
net
Ilustrasi sertifikat tanah. 

Laporan wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Bappeda Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan pelaksanaan kegiatan percepatan penerbitan sertifikasi terhadap lahan perkebunan masyarakat sangat baik sekali, dalam rangka meningkatkan pelayanan pemerintah daerah untuk proses sertifikasi.

"Acara ini sangat baik sekali, kenapa karena pemda harus memfasilitasi warga untuk memperoleh sertifikat terhadap lahan-lahan mereka," katanya usai kegiatan acaran, percepatan enerbitan sertifikat milik petani dan peningkatan PAD daerah, Kamis (7/12/2017)

Yusran menuturkan banyak sekali masih pentani-petani mandiri atau plasma di Kubu Raya memiliki lahan tanpa memiliki sertifikat.

(Baca: Kasus Lahan Kubu Raya Melimpah Masih Jadi Atensi BPN )

(Baca: Siapkan Rp 100 Miliar untuk Pembebasan Lahan Pembangunan Jembatan Landak II )

Sehingga perlu ada dorongan dari pemerintah sendiri akan hal ini.

"Untuk itulah dengan keterlibatan banyak pihak, dengan kegiatan ini, kita sangat berterimakasih sekali. Akan banyak masyarakat petani yang bisa terbantu dengan pelaksanaan kegiatan sertifikasi ini," ungkapnya.

Sebab dengan sertifkat akan berimbas juga pada peningkatan pajak-pajak retribusi penerimaan daerah, bisa terbuka.

"Kita membutuhkan ini, kita butuhkan untuk membiayai pembangunan di Kabupaten Kubu Raya ini, karena kita butuh anggaran cukup besar," paparnya.

(Baca: Pemprov Kalbar Targetkan 17 Kesatuan Pengelola Hutan )

Makanya setiap potensi harus terus dilakukan. Masih banyak sekai potensi untuk Kubu Raya.

Dengan diantaranya kegiatan peningkatan percepatan penerbitan sertifikat selaras sekali dalam pencapaian peningkatan pada potensi daerah.

"Kegiatan yang dilaukan ini menjadi upaya kita, terus menggali potensi-potensi PAD yang potensial. Salah satunya ini, maka sekali lagi kita berterimakasih sekali dengan pelaksanaan acara ini," pungkasnya. 

Penulis: Madrosid
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help