TribunPontianak/

Citizen Reporter

Desa Kandung Suli Deklarasikan Stop BAB di Sembarangan Tempat

Kegiatan tersebut dikawal langsung oleh pihak Kepolisian Sektor Kecamatan Jongkong, yang dipimpin Kapolsek Jongkong, Ipda Dony.

Desa Kandung Suli Deklarasikan Stop BAB di Sembarangan Tempat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kapolsek Jongkong, Ipda Dony saat mengawal langsung Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir dan Erlinawati Nasir bersama rombongan menuju Desa Kandung Sulit, untuk menghadiri deklarasi desa stop BAB disembarangan tempat, di Desa Kandung Sulit, Kecamatan Jongkong,  Senin (4/12/2017). Bupati mendukung terciptanya suasana lingkungan bersih, sehat, dan nyaman. Karena pemerintah telah mencanangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. 

Citizen Reporter
Yulius R
Humas Polres Kapuas Hulu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir SH dan istrinya Erlinawati SH menghadiri langsung acara deklarasi desa Stop Buang Air Besar di Sembarangan Tempat, di Desa Kandung Suli, Kecamatan Jongkong, Senen (4/12/2017).

Kegiatan tersebut dikawal langsung oleh pihak Kepolisian Sektor Kecamatan Jongkong, yang dipimpin Kapolsek Jongkong, Ipda Dony.

Hadir juga Anggota DPRD Kapuas Hulu Nurjanah, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu dr H Harrison, Camat Jongkong Drs. Abdullah Sani, dan para undangan lainnya.

Dalam katasambutan Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, kalau dirinya sangat mendukung terciptanya suasana lingkungan bersih, sehat, dan nyaman.

"Pemerintah telah mencanangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dengan 5 prinsip yaitu, stop buang air besar disembarang tempat, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah rumah tangga," ujarnya.

(Baca: Wabup Kapuas Hulu Dukung Program Kapolda Kalbar Yang Baru )

Nasir menjelaskan, deklarasi Stop BAB disembarang tempat /ODF, merupakan wujud pembedaan masyarakat desa dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku menuju hidup bersih,  dan sehat dari jamban ke WC dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan.

"Oleh karena itu atas nama pemkab mengucapkan selamat, dan mengapresiasi rasa terimakasih kepada desa Kandung Suli, yang telah berkomitmen untuk berprilaku hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Melalui kegiatan ini juga harap Bupati, agar dapat dipertahankan dan dilanjutkan dengan sebaik mungjin. " supaya nantinya dapat menjadi contoh kecamatan atau desa lain yang ada di Kapuas Hulu," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kandung Sulit Ali Imran mengucapkan  terimakasih  kepada Pemerintah Daerah Kapuas Hulu atas dukungan sehingga desanya  bisa menjadi desa yang bebas BAB disembarang tempat atau desa ODF. "Melalui momen ini kami menyatakan mulai sekarang untuk siap mencanangkan 5 prinsip Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help