TribunPontianak/

Pakai Fasilitas Kelas 1 Tapi Dirawat di Kelas 3

Jika peserta mendapatkan perawatan di kelas yang lebih rendah selama lebih dari 3 (tiga) hari,

Pakai Fasilitas Kelas 1 Tapi Dirawat di Kelas 3
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4 BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Wenny Silvia Marinda. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Halo Bun, tolong ya. Beberapa hari yang lalu saya rawat inap di RSUD Sudarso menggunakan BPJS kesehatan fasilitas kelas1. Namun selama 6 hari dirawat, saya di kelas 3.

Apakah ada ganti rugi atau pengembalian biaya perawatan selisih dari kelas 1 ke kelas 3 tersebut? Terima kasi ya Bun. Bujang Tambi
082155255xxx

Tak Ada Pengembalian Ganti Rugi

Terima kasih atas pertanyaannya. Bersama ini kami informasikan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN-KIS dinyatakan beberapa hal sebagai berikut:

1. Apabila ruang rawat inap yang sesuai hak rawat peserta dalam kondisi penuh, maka peserta dapat dirawat di kelas perawatan satu tingkat lebih tinggi paling lama 3 (tiga) hari.

Selanjutnya peserta dikembalikan ke ruang perawatan yang menjadi hak peserta. Jika setelah 3 (tiga) hari masih belum ada ruangan sesuai hak peserta, maka peserta ditawarkan untuk dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yaitu Rumah Sakit Provider BPJS Kesehatan lain yang setara atau selisih biaya tersebut menjadi tanggung jawab FKRTL yang bersangkutan.

2. Apabila ruang rawat inap yang sesuai hak rawat peserta dalam kondisi penuh, maka peserta dapat dirawat di kelas satu tingkat lebih rendah paling lama 3 (tiga) hari dan kemudian dikembalikan ke kelas perawatan sesuai dengan hak peserta.

Jika peserta mendapatkan perawatan di kelas yang lebih rendah selama lebih dari 3 (tiga) hari, maka BPJS Kesehatan membayar ke Rumah Sakit sesuai dengan kelas dimana pasien dirawat.

Berdasarkan paparan di atas kami sampaikan bahwa tidak ada pengembalian biaya atau ganti rugi untuk peserta yang dirawat inap di kelas yang lebih rendah atau lebih tinggi dari hak kelas peserta dalam kondisi ruang rawat inap rumah sakit penuh.

Jika peserta mengalami kondisi seperti di atas, maka dapat berkoordinasi dengan petugas BPJS Kesehatan ataupun petugas Rumah Sakit untuk mendapatkan informasi lebih rinci. Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wenny Silvia Marinda
Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4 BPJS Kesehatan Cabang Pontianak,

Penulis: nicko ardinata
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help