TribunPontianak/

Citizen Reporter

Samakan Persepsi Restorasi Gambut, TRGD Kalbar Gelar Rapat Konsulidasi

Ditambahkan Ir. Hadi Yani MH, kadis perumahan rakyat, kawasan permukiman dan lingkungan hidup Kalbar,

Samakan Persepsi Restorasi Gambut, TRGD Kalbar Gelar Rapat Konsulidasi
ISTIMEWA
Foto Bersama TRGD Kalbar dan Peserta Rapat Konsulidasi pelaksanaan kegiatan restorasi gambut Kalbar 

Citizen Reporter
Yusril, LAPMI Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Kalbar  melaksanakan rapat konsolidasi pelaksanaan kegiatan restorasi gambut Kalimantan Barat di Grand Mahkota Hotel Pontianak, senin (13/11/17).

Rapat yang dibuka secara resmi oleh Dra. Marlyna, M.Si. Asisten III Setda Provinsi Kalbar.

Dikatakan Ir. Fiera Budiarsyah Arief, M. Si., sekretaris kegiatan TRGD kalbar, rapat koordinasi itu dilakukan sebagai sarana penyampaian informasi terkait kebijakan dan Kegiatan restorasi dan sinergisitas kerja sama kepada semua pihak pemangku hak dan kepentingan (stekholder) 

"Tujuan kita melakukan kegiatan ini untuk penguatan koordinasi lintas sektor dan daerah dalam pengelolaan gambut khususnya para anggota BRG kalbar selain itu juga untuk Peningkatan kerja sama dalam kinerja BRG", jelas Fiera.

(Baca: Tangkap Muafi, Polisi Temukan 5 Klip Plastik Berisi Kristal Putih Diduga Sabu )

Ditambahkan Ir. Hadi Yani MH, kadis perumahan rakyat, kawasan permukiman dan lingkungan hidup Kalbar, rapat konsolidasi antar anggota TRGD ini sebagai dasar untuk melaksanakan semua kegiatan yang akan laksanakan tim TRGD kedepannya. 

"Kegiatannya antara lain untuk melakukan penyusunan program TA 2018, oleh karena itu pada tahun ini kami akan menyamakan persepsi dalam melakukan monev terhadap pelaksanaan yang dilaksanakan BRG",  jelas Adi Yani yang dalam hal sebagai ketua harian TRGD kalbar. 

Staf ahli TRGD kalbar Dr. H. Gusti Hardiansyah, M. Sc, QAM. Menuturkan Saat ini banyak kegiatan BRG di daerah sejak 2017 sudah dimulai, berkaitan dengan program 3R. Tim BRG daerah siap bermitra dengan pusat 

"Supaya BRG di kalbar dapat behasil terutama mengurangi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan ekspor asap, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ungkap Gusti Hardiansyah. 

 Dalam sambutan Dra. Marlyna, M.Si. Asisten III Setda Provinsi Kalbar mengatakan, berkaitan dengan hal itu BRG kalbar dan enam provinsi lainnya sesuai perpres No. 1 tahun 2016 tengah melakukan upaya pemulihan ekosistem gambut yang terencana. BRG menetapkan 16 KHG prioritas restorasi di kalbar dan melanjutkan penyusunan rencana kontigensinya

"Saat ini BRG sedang melakukan pemetaan ekosistem gambut pada satu KHG kalbar yaitu di Sungai Mempawah, Sungai Peniti,  bahkan BRG juga melakukan survei intesvigasi desain dan detail injenairing desain untuk menjadi dasar kegiatan restorasi gambut di tahun 2018/2020 nantinya di kalbar", jelas Marlyna. (*)

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help