TribunPontianak/

Mengenal Bapak Brimob, Inilah Sosoknya

Ini adalah gerakan besar karena berhasil membangkitkan semangat perjuangan para anak bangsa yang tergabung dalam Polisi Istimewa

Mengenal Bapak Brimob, Inilah Sosoknya
net
M Jassin

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tanggal 14 November 1945 merupakan hari di mana Perdana Menteri Sutan Syahrir mendirikan Brigade Mobil (Brimob). Pasukan siap tempur pertama yang dimiliki Indonesia.

Di balik berdirinya Brimob ada pasukan-pasukan Takubetsu Kaisatsutai (Polisi Istimewa) yang memiliki tekad kuat untuk melindungi negara.

Tepatnya pada 20 Agustus 1945 mereka menahan atasan Jepang mereka di Surabaya dan merebut senjata serta kendaraan militer, lalu pada 21 Agustus 1945 mereka menyatakan diri sebagai Polisi Republik Indonesia dan pada tanggal 14 November dibentuklah Brimob di mana yang menjadi anggotanya adalah para mantan Polisi Istimewa.

(Baca: Personel Polda Kalbar Gelar Operasi Zebra di Jalan Adisucipto )

Lantas siapakah Bapak Brimob? Dia adalah M Jassin, satu dari pemimpin Polisi Istimewa yang melakukan penahanan pada atasan-atasan Jepang di Surabaya.

Ini adalah gerakan besar karena berhasil membangkitkan semangat perjuangan para anak bangsa yang tergabung dalam Polisi Istimewa, sebuah pasukan militer bentukan Jepang.

Dalam buku berjudul Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang: Meluruskan Sejarah Kelahiran Polisi Indonesia (2011) yang ditulis oleh Ridwan Jasin, tertuang tulisan mengenai kehidupan Muhammad Yasin dan gerakan yang dibuatnya hingga dia dikenal sebagai Bapak Brimob dan Pada tahun 2015 dianugerahi oleh Presiden Joko Widodo gelar Pahlawan Nasional Indonesia.

Dia adalah seorang Komisaris Jendral Polisi yang lahir di Baubau, Sulawesi Tenggara, pada 9 Juni 1920. Dia juga merupakan sosok yang memproklamasikan Polisi Istimewa menjadi Polisi Indoneska, sebuah langkah besar yang membuat Polisi Istimewa jadi terlepas dengan Jepang sehingga status polisi kolonial berubah menjadi polisi negara merdeka.

Penulis: Claudia Liberani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help