TribunPontianak/

Bupati Nasir Beri Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Ini Materi yang Disampaikan

Kesempatan ini sangat luar biasa bagi kami, untuk menyampaikan pengalaman dalam membangun Kapuas Hulu sebagai beranda Republik Indonesia

Bupati Nasir Beri Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Ini Materi yang Disampaikan
ISTIMEWA
Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat menerima cendramata dari IPDN Jatinangor. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir diberikan kesempatan memberikan kuliah umum bagi Praja IPDN, di Jatinangor, Jawa Barat, Selasa (14/11/2017).

Dalam katasambutan Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Gubernur IPDN atas kesempatan memberikan kuliah umum tersebut.

"Kesempatan ini sangat luar biasa bagi kami, untuk menyampaikan pengalaman dalam membangun Kapuas Hulu sebagai beranda Republik Indonesia," ucapnya.

Nasir menuturkan, Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang berbatasan secara langsung antara negara Indonesia dan Malaysia. "Daerah di tengah hutan pulau Kalimantan yang memiliki sumber daya alam, sangat melimpah dan berpotensi untuk dikembangkan," ujarnya.

Namun kata Nasir, karena kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten konservasi, maka sebagian besar dari wilayah kapuas hulu adalah taman nasional seperti, danau sentarum, betung kerihun dan hutan lindung. "Luar wilayah konservasi sebesar 76 persen, dan kurang lebih 23.683 kilometer persegi," jelasnya.

(Baca: Alami Masalah dengan Tulang Belakang, Yuk Hadir di Bincang Sehat Bersama Dr. Lau Choon Ping )

Sedangkan wilayah yang bisa dikelola dan dikembangkan jelasnya, hanya kurang lebih seluas 7.479 kilometer persegi atau sebesar 24 persen. Kapuas Hulu juga termasuk dalam daerah 3T yaitu, tertinggal, terpencil, dan terluar.

"Hal tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kami untuk memberdayakan potensi, yang ada sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Selain itu Bupati menjelaskan, kalau jumlah aparatur sipil negara di Kapuas Hulu sebanyak 5352 orang, dengan alumni IPDN ada 43 orang. "Tahun ini kami mendapatkan tambahan dari lulusan angkatan 23 IPDN sebanyak 12 orang," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, juga melakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara IPDN Jatinangor dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help