TribunPontianak/

Angka Pernikahan Dini di Kapuas Hulu Meningkat

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Kapuas Hulu, bahwa pernikahan anak dibawah umur di Kapuas Hulu cukup menghawatirkan.

Angka Pernikahan Dini di Kapuas Hulu Meningkat
IST
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Berdasarkan data dari Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Kapuas Hulu, bahwa pernikahan anak dibawah umur di Kapuas Hulu cukup menghawatirkan.

Hal tersebut dilihat dari data hingga bulan November 2017 ini, Pengadilan Agama Kapuas Hulu sudah mengeluarkan  sebanyak14 dispensasi, untuk pernikahan dibawah umur (Prnikahan dini).

"Pernikahan dini Kapuas Hulu mulai meningkat, karena kalau kita bandingkan tahun 2016, dispensasi pernikahan dini sebanyak 12 perkara," ujar Humas PA Kapuas Hulu Arief Budiman kepada wartawan, Selasa (14/11/2017).

(Baca: 5 PNS di Kapuas Hulu Ajukan Cerai ke Pengadilan Agama )

Menurutnya, yang mengajukan dispensasi pernikahan dini ini beragam alasan seperti, hamil duluan, ketangkap basah oleh masyarakat, dan tak sekolah lagi. "Jadi pemberian dispensasi pernikahan dini tersebut, sudah diatur dalam undang-undang itu sendiri," ucapnya.

Dalam kasus pernikahan dini jelasnya, pernah menemukan tanpa adanya dispensasi dari Pengadilan Agama, saat ada gugatan perceraian. "Mungkin dulu KUA belum menerapkan aturannya secara ketat," ujarnya.

Sedangkan saat ini KUA sudah banyak menolak, untuk menikahkan anak dibawah umur, jika tak ada dispensasi dari Pengadilan Agama. Karena Dispensasi pernikahan dini dibawah sangat penting, bagi yang menikah tersebut, karena jika mereka tetap memaksa menikah, maka KUA tidak bisa menikahkan pasangan tersebut kecuali pernikahan secara siri.

"Kalau sudah nikah siri berarti tidak tercatat, dan tanpa buku nikah, sehingga dampak kedepannya pun ketika mereka memiliki anak, dan mengurus administrasi anaknya akan kesulita," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help