TribunPontianak/

Tradisi Robo Robo

Rahmad Satria Sebut Mempawah Sebagai CIkal Bakal Awal Peradaban di Kalbar

Ketua DPRD Kabupaten Mempawah Rahmad Satria mengatakan robo-robo merupakan even khas yang hanya ada di Kabupaten mempawah.

Rahmad Satria Sebut Mempawah Sebagai CIkal Bakal Awal Peradaban di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Pangeran Ratu Dr Mardhan Adijaya Kesuma Ibrahim (biru) memimpin ritual cuci pusaka di Istana Amantubillah Mempawah. Ritual ini merupakan bagian dari pelaksanaan acara robo-robo yang akan digelar hingga Rabu (15/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Ketua DPRD Kabupaten Mempawah Rahmad Satria mengatakan robo-robo merupakan even khas yang hanya ada di Kabupaten mempawah, peran pemerintah melalui dinas terkait untuk gencar melakukan promosi.

“Sehingga menjadi even ciri khas dan dapat mengundang para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk hadir dan melihat even budaya robo-robo,” ujarnya

Menurutnya hal yang tak kalah penting adalah pemahaman sejak dini tentang ritual robo-roba bagi generasi muda khususnya di mempawah, memasukannya dalam mata pelajaran di sekolah dengan konsep muatan lokal.

“Perlu otentifikasi berupa cerita sejarah robo-robo  yang valid sehingga bisa dipelajari oleh anak-anak generasi muda. Untuk menghindari pemahaman-pemahaman yang keliru soal robo robo,” ujarnya.

(Baca: Rangkaian Ritual Budaya Robo-Robo Dimulai, Ini Pusaka Berharga Milik Istana Amantubillah )

Hal tersebut sudah sering disampaikan oleh Rahmad satria pada momen tertentu tak terkecuali robo-robo. Menurutnya bahwa robo-robo yang merupakan kegiatan napak tilas kedatangan opu daeng manambon di kuala mempawah merupakan awal mula dan cikal bakal peradaban mempawah dan Kalbar secara umum.

Sebagaimana diketahui bahwa Anak dari Opu Daeng Manambon Utin Chadramidi menikah dengan anak Habib Hasein yakn Sy Abdurrahman yang seiring berjalan waktu, Sy Abdurraman membangun sebuah peradaban Kesultanan Kadriah di Pontianak.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help