TribunPontianak/

Program DP 0 Persen Permudah Masyarakat Dapat Rumah

Jadi kita harus melakukan inventarisir dari bawah. Kalau kita bangunan rumah murah di Kapuas Hulu, ternyata tak ada penghuninya juga mubazir.

Program DP 0 Persen Permudah Masyarakat Dapat Rumah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Bupati Sanggau, Paolus Hadi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Memudahkan masyarakat dalam memperoleh rumah juga menjadi komitmen Bupati Sanggau Paolus Hadi. Ia berencana memberikan program tanpa uang muka alias DP 0 persen.

"Kita ambil contoh di Ketapang. Sekarang tinggal deplovernya lagi. Asal deplovernya tidak dibebani yang macam-macam, misalnya IMB bisa kita evaluasi dan bisa saja tidak perlau bayar, " katanya.

Saat ini, jelas Paolus Hadi, pembangunan rumah murah dikhususkan kepada PNS di jajaran Pemkab Sanggau. Ia juga tak mau pembangunan rumah murah ini merugikan pengusaha. Kendati DP 0 persen, suami Arita Apolina ini tak mau kualitas rumah yang dibangun abal-abal.

Keinginan menghadirkan rumah murah bagi masyarakat juga disampaikan Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero. Namun, ia akan menginventarisir terlebih dahulu kebutuhan rumah murah di Kapuas Hulu.

(Baca: Dapat Orderan Tengah Malam, Yang Terjadi Pada Driver Ojol Ini Bikin Merinding )

"Jadi kita harus melakukan inventarisir dari bawah. Kalau kita bangunan rumah murah di Kapuas Hulu, ternyata tak ada penghuninya juga mubazir. Jadi harus sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Jika kebutuhan lebih banyak dibanding rumah yang tersedia, jelas Antonius, maka pihaknya akan menseleksi penerima program ini. Tujuannya untuk mengetahui masyarakat mana yang betul-betul membutuhkan rumah murah tersebut.

"Yang mengajukan perumahan banyak, tetapi semua ada prosedur yang harus ditempuh. Misalnya menyangkut masalah Amdal, kelayakan lingkungan, dan sebagainya," ucapnya.

Pada dasarnya, jelas Antonius, pemerintah Kapuas Hulu siap menerima dan membangun rumah murah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami sangat siap karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan rumah ini," ungkapnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help