TribunPontianak/

Piala Dunia

Dilengkapi Panel dan Chip, Harga Bola Piala Dunia 2018 Lebih Murah dari Liga 1 2017

Modelnya diklaim mengusung memori pada Piala Dunia 1970, ketika Adidas pertama kali mensponsori turnamen antarnegara paling akbar.

Dilengkapi Panel dan Chip, Harga Bola Piala Dunia 2018 Lebih Murah dari Liga 1 2017
MLADEN ANTONOV/AFP
Megabintang Argentina, Lionel Messi, berpose dengan bola resmi Piala Dunia 2018, Telstar 18, dalam acara peluncuran di Moskwa, 9 November 2017. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Produsen alat olahraga asal Jerman, Adidas, telah mengumumkan bola yang akan digunakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia, yaitu Telstar 18.

Menurut rilis yang diterima BolaSport.com dari Adidas, bola tersebut bakal tersedia di situs online resmi mereka sejak Jumat (10/11/2017). Harganya mencapai Rp 1.900.000.

Angka tersebut tergolong kecil apabila dibandingkan harga bola yang digunakan dalam kompetisi Liga 1 musim 2017. Kasta pertama Liga Indonesia itu menggunakan bola Nike Ordem.

Bola tersebut juga menghiasi pertandingan-pertandingan Premier League, level teratas Liga Inggris, musim 2017-2018. Harganya menyentuh 160 dollar Amerika Serikat (setara Rp 2,1 juta).

(Baca: Penampilan DJ Rhizuka Buka Bold Xperience Phenomenal Sunset Dance Festival 2017 )

Meski harganya lebih murah, Adidas Telstar 18 belum tentu memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan Nike Ordem.

Buktinya, Adidas Telstar 18 telah mendapatkan pengakuan dari bintang timnas Argentina dan Barcelona, Lionel Messi.

"Saya cukup beruntung bisa mengenal bola ini lebih dahulu. Saya menyukai segalanya, mulai dari desain hingga warna," kata Messi, yang memang terikat kontrak dengan Adidas.

Adapun dalam hal desain, Adidas Telstar mengambil langkah mundur 47 tahun. Modelnya diklaim mengusung memori pada Piala Dunia 1970, ketika Adidas pertama kali mensponsori turnamen antarnegara paling akbar tersebut.

Bola tersebut juga dilengkapi dengan chip NFC yang menghasilkan koneksi dengan ponsel pintar.

"Struktur panel dan chip NFC mengantarkan sepak bola ke level baru. Kami juga menawarkan pengalaman anyar kepada konsumen," ucap Roland Rommler selaku Category Director of Football Hardware.

Lantas, mampukah Adidas Telstar 18 memberikan kenyamanan kepada para pengguna di lapangan hijau? Atau, mungkinkah nasibnya bakal seperti Adidas Jabulani, bola Piala Dunia 2010 yang menuai kritik deras?

Rusia bakal menjawabnya.

*Berita ini sebelumnya telah tayang di kompas.com dengan judul: Membandingkan Harga Bola Piala Dunia 2018 dengan Liga 1 2017

Editor: Rizky Zulham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help