TribunPontianak/

Maksimalkan Penanggulangan Bencana, Ini Prasarana yang Dibutuhkan Satpol PP

karena BNPB tidak bisa menganggarkan ke bidang penanggulangan bencana yang melekat Satpol PP

Maksimalkan Penanggulangan Bencana, Ini Prasarana yang Dibutuhkan Satpol PP
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SAHIRUL HAKIM
Kabid Linmas dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Kapuas Hulu, Salahuddin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kabid Linmas dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Kapuas Hulu, Salahuddin mengakui kalau pihaknya masih perlu banyak sarana prasarana pendukung, untuk memaksimalkan penanggulangan bencana di Kapuas Hulu.

"Selama ini kami terus mengusulkan sarana prasarana yang dibutuhkan ke Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (PNPB) RI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar seperi, gudang logistik bantuan becana, mobil tanki pembawa air, untuk suport mobil pemadam kebakaran, dan portabel untuk pemadaman di lokasi sempit," ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/11/2017).

Selain itu juga jelas Salahuddin, pihaknya telah mengusulkan pengadaan perlengkapan selam, untuk menyelam korban tenggelam, speed 9,8 PK sebanyak dua buah, kantong mayat, tali jiwa, dayung untuk perahu karet, long boad dengan mesin 40 PK, dan Chainsaw.

(Baca: Ditembak Suami Sendiri, Ini 6 Fakta Sosok Dokter Cantik Letty Sultri )

"Namun apa yang telah kami usulkan selama ini, tidak bisa dikabulkan, karena BNPB tidak bisa menganggarkan ke bidang penanggulangan bencana yang melekat Satpol PP. Dimana mereka sudah standbykan dana Rp12 Milyar, untuk kabupaten, tapi Pemkab Kapuas Hulu harus bentuk BPBD lagi, baru bisa disalurkan bantuan dari itu," ucapnya.

(Baca: Ini Penjelasan Hermanus Terkait Peralihan Fungsi Terminal Soedarso Jadi Terminal Bus )

Apabila BNPB dan BPBD Provinsi Kalbar tetap menyalurkan dana tersebut ke Satpol PP Kapuas Hulu, kata Salahuddin bisa jadi temuan BPK, karena beda nomor rekening penganggarannya.

"Waktu kami rapat kordinasi nasional di Jakarta, dan dalam beberapa rapat kelembagaan di Sorong, sudah dijelaskan oleh pihak BNPB, kalau dana dari mereka memang hanya bisa disalurkan ke turunan instansinya, bukan di bidang SKPD lain," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help