Komposisi Dapil Kabupaten/Kota Bisa Berubah

Komposisi daerah pemilihan kabupaten/kota di Kalimantan Barat untuk pemilihan umum 2019 bisa saja berubah....

Komposisi Dapil Kabupaten/Kota Bisa Berubah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat (Kalbar), Umi Rifdiyawati. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komposisi daerah pemilihan kabupaten/kota di Kalimantan Barat untuk pemilihan umum 2019 bisa saja berubah.

Berubahnya komposisi dikarenakan pertumbuhan penduduk dan memenuhi asas proporsionalitas.

Perubahan itu juga bisa saja terjadi karena KPU kabupaten/kota diberikan kewenangan untuk melakukan penataan dapil. Hanya saja dalam penetapannya menjadi kewenangan KPU RI.

“Perubahan itu bisa saja jika ada penambahan jumlah penduduk atau dapil loncat sehingga perlu ditata ulang dan yang melakukan publik hearing itu adalah di kabupaten/kota,” kata Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati usai Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, di Hotel Orchardz, Jalan Perdana, Pontianak, Kamis (9/11/2017).

(Baca: KPU Mempawah Beri Bimtek Tim Calon Bupati Jalur Perseorangan )

Anggota KPU Kalbar Delfinus menuturkan, serangkaian tahapan pun harus dilakukan sebelum penetapan dapil di kabupaten kota itu dilakukan.

Termasuk dalam penetapan jumlah kursi. Di mulai dengan penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke KPU RI pada 17 Desember 2017.

Dilanjutkan dengan keputusan KPU tentang penetapan jumlah kursi pada tanggal 5 hingga 11 Januari 2018.

Tahapan selanjutnya, penyusunan usulan dapil tanggal 12-18 Januari 2018. Berlanjut pada uji publik tanggal 26 hingga 28 Januari 2018.

Setelah uji publik, hasil penyusunan usulan dapil diserahkan ke KPU RI melalui KPU provinsi tanggal 29 Januari hingga 4 Februari 2018.

KPU provinsi akan merekap dan menginput ke instrumen. Barulah KPU RI menetapkan penataan dapil tangal 5 Februari hingga 21 Maret 2018. Penetapan dapil pada 22 Maret sampai dengan 6 April 2018.

“Akhir tahapan itu akan disampaikan April 2018,” tuturnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved