TribunPontianak/

Cetak Entrepreneur, Fekon Untan Siap Jalin Kerjasama dan Pendampingan

Program seperti ini kan merupakan bukti kepedulian Bank Kalbar dan mendorong bertumbuhnya enterprenuer muda yaitu para mahasiswa.

Cetak Entrepreneur, Fekon Untan Siap Jalin Kerjasama dan Pendampingan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Bank Kalbar 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Yarlina Yacob menyambut baik rencana Bank Kalbar menyalurkan kredit usaha tanpa bunga kepada mahasiswa dalam rangka membangun desa.

Ia mengatakan jika memang direalisasikan pihaknya siap mendukung program mengingat Fekon Untan memiliki inkubator bisnis di kampus.

"Wirausaha muda ini memang harus didorong. Program seperti ini kan merupakan bukti kepedulian Bank Kalbar dan mendorong bertumbuhnya enterprenuer muda yaitu para mahasiswa. Sarjana setelah selesai tidak harus bekerja dengan orang. Kedepannya bagusnya sarjana jadi pengusaha, meski tidak langsung jadi tapi pelan tapi pasti," ujar Yarlina.

(Baca: Bank Kalbar Segera Luncurkan Program Sarjana Membangun Desa )

Namun diakuinya persoalan modal memang kerap menjadi kendala, dengan adanya program dari Bank Kalbar ia mengaku sejalan dengan keinginan pemerintah.

"Hanya saja perlu diingat, jangan hanya memberi modal. Tidak semua orang yang diberi modal mampu berusaha. Artinya dengan pemberian kredit bunga rendah jangan sampai membuat tidak adanya tanggungjawab," ujarnya.

Bank Kalbar sebelum mengucurkan pembiayaan kata Yarlina harus memberikan penjelasan detail. Jika perlu modal kata dia diberikan kepada mahasiswa yang sudah memulai usaha. Meskipun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin memulai usaha. "Perlu adanya pendampingan atau mitra untuk melakukan pelatihan-pelatihan. Kita siap karena sudah mempunyai inkubator bisnis di kampus dan melakukan pendampingan," ujarnya.

Saat ini kata Yarlina banyak mahasiswa yang setelah lulus kuliah menjadi enterpreneur sejati. "Karena mereka ini kita lakukan pendampingan. Memang terbukti mahasiswa yang minatnya terhadap dunia enterpreneur sukses mengembangkan usahanya. Meski jumlahnya tidak banyak tetapi nyata," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help