TribunPontianak/

4 Cara Tarik Minat Generasi Muda Geluti Sektor Pertanian

Data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2017 mencatat lapangan pekerja di pertanian, perikanan dan perkebunan menyerap 31,8 persen.

4 Cara Tarik Minat Generasi Muda Geluti Sektor Pertanian
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Agung Hendriadi menyebutkan, ada empat hal yang bisa dilakukan agar bisa menarik generasi muda sebagai penggerak pembangunan pertanian.

Yakni penyediaan fasilitas dan kemudahan bagi anak muda untuk beraktivitas di sektor pertanian, penyediaan lahan, fasilitas sarana produksi, aplikasi teknologi dan menjamin pemasaran.

"Itu upaya yang sudah dilakukan dan diakui belum maksimal," katanya, belum lama ini.

(Baca: Daniel Johan Serahkan Bantuan Pertanian ke Warga Selakau Lewat Program Aspirasi Bang Daniel )

Sektor pertanian dianggap memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Sektor ini memberikan kontribusi besar untuk pangan, bahan baku industri, memberikan kesempatan kerja, kewirausahaan dan penumpang produk domestik bruto.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2017 mencatat lapangan pekerja di pertanian, perikanan dan perkebunan menyerap 31,8 persen tenaga kerja atau lebih dari 39 juta jiwa.

Penyerapan ini tertingi dibandingkan perdagangan yang hanya 23 persen, jasa 16 persen, konstruksi lima persen dan ‎industri 13 persen.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help