TribunPontianak/

Pilkada Serentak

Hari Terakhir Pendaftaran, Baru 10 Parpol di Kapuas Hulu Serahkan Dokumen ke KPU

Jumlah parpol dokumen yang masih dikembalikan sebanyak ada 5 parpol yaitu, PKB, PPP, Berkarya, PPP, Hanura, dan Partai Rakyat.

Hari Terakhir Pendaftaran, Baru 10 Parpol di Kapuas Hulu Serahkan Dokumen ke KPU
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Komisioner KPU Kapuas Hulu Rita 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Rita menyatakan, sampai tanggal 17 Oktober 2017 pukul 14.17 WIB, baru 10 partai politik (Parpol) yang sudah diterima dokumen persyaratan keanggotaan Parpol untuk calon peserta Pemilu 2019 mendatang.

"10 parpol dokumen yang sudah kami terima seperti, NasDem, PKS, Gerindra, PDIP, Demokrat, PKPI, Perindo, Garuda, Golkar, dan PAN," ujar Rita kepada wartawan di Kantor KPU Kapuas Hulu, Selasa (17/10/2017) pukul 14.17 WIB.

Sedangkan jumlah parpol dokumen yang masih dikembalikan sebanyak ada 5 parpol yaitu, PKB, PPP, Berkarya, PPP, Hanura, dan Partai Rakyat.

"Mereka sudah menyerahkan dokumennya, tetapi kami kembalikan untuk diperbaiki," ucapnya.

(Baca: Disparpora Wadahi Ali Baba Sosialisasi di Singkawang )

Rita menjelaskan, sebenarnya batas waktu bagi parpol menyerahkan dokumen tersebut tanggal 16 Oktober 2017, namun pihak telah menerima surat edaran dari KPU RI terkait penyerahan dokumen batas akhir.

"Berdasarkan surat KPU RI bahwa, masih diberikan kesempatan untuk parpol tingkat kabupaten kota memperbaiki dokumen itu sampai hari ini (Selasa, 17/10/2017) pukul 24.00 WIB setempat," ujarnya.

Terkait kendala parpol dalam melengkapi persyaratan dokumen tersebut kata Rita, secara umum seperti masalah KTP, dan KTA parpol itu sendiri.

(Baca: Warga Sesali Tindakan Oknum Merusak Jalan Baru Dibangun )

Namun apabila parpol belum juga bisa melengkapi dokumen itu sampai hari ini pukul 24.00 WIB.

Maka kembali ke surat KPU 585 dan surat 580.

"Dimana ketika pada menit-menit terakhir ternyata masih ada parpol menyampaikan berkas dikembalikan untuk diperbaiki, ternyata masih ada belum lengkap misalnya terkait salinan KTA dan KTP, maka dapat diterima oleh KPU sepanjang jumlahnya tidak dibawah angka batas manimum untuk syarat keanggotaan di Kapuas Hulu sebanyak 237 anggota," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help