TribunPontianak/

Pilkada Serentak

Baru 9 Parpol Yang Memenuhi Syarat Pendaftaran di KPU Sambas

Menurut Suaib, pihaknya hanya menerima penyerahan dukungan kemudian memverifikasi jumlahnya.

Baru 9 Parpol Yang Memenuhi Syarat Pendaftaran di KPU Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Ketua KPU Sambas, Suaib (batik tengah). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua KPU Sambas, Suaib mengungkapkan, hingga pukul 16.10 WIB, baru 11 partai politik yang menyerahkan bukti keanggotaan partai politik calon peserta Pemilihan Umum tahun 2019 di Kantor KPU Sambas pada Senin (16/10/2017).

"Sampai hari ini sudah 11 partai politik yang menyerahkan bukti keanggotaannya di Kabupaten Sambas, pertama dari Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Indonesia, ini lima di antaranya yang sudah menyerahkan dan memenuhi syarat, kami berikan tanda terima. Beberapa partai lainnya kami kembalikan untuk dilengkapi kembali hingga batas waktu," ungkapnya.

(Baca: Hari Terakhir Pendaftaran, Demokrat Sekadau Resmi Daftarkan Diri ke KPU )

Lanjut Suaib, kemudian pada Senin (16/10/2017) sejumlah partai politik yang juga sudah menyerahkan dan telah memenuhi syarat, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar) serta Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

"Jadi ada 7 partai politik yang hari ini yang menyerahkan bukti keanggotaan partai politik. Namun sampai saat ini pukul 16.10 WIB, hanya 4 partai politik yang memenuhi syarat. Yang tidak memenuhi syarat kami kembalikan," jelasnya.

(Baca: Sebelum Meninggal, Almarhum AKBP (Purn) Mukson Munandar Sempat Minta Hal Ini )

Terkait dengan partai politik yang sudah mendaftar dan kemudian dikembalikan berkasnya oleh KPU Sambas, Suaib menegaskan pihaknya tetap memberikan kesempatan untuk perbaikan hingga kembali diserahkan ke KPU Sambas pada Senin (16/10/2017) tengah malam.

"Batas waktunya hari ini, Senin (16/10/2017) sampai pukul 24.00 WIB tengah malam. Termasuk bagi partai-partai yang belum menyerahkan, yang sudah ada keberadaannya di Kabupaten Sambas, kami tunggu sampai pukul 24.00 WIB," terangnya.

Jika hingga batas waktu yang telah ditetapkan, partai politik yang hendak mendaftar sudah tidak dapat lagi diterima oleh KPU Sambas.

"Sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU, terkait dengan apakah partai politik tersebut nantinya bisa menjadi peserta Pemilu, itu tergantung secara nasional. Karena syaratnya kan memang 75 persen kabupaten dalam provinsi, kalau memang sudah di atas 75 persen secara nasional, tidak masuk Sambas dia juga bisa memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu," urainya.

Menurut Suaib, pihaknya hanya menerima penyerahan dukungan kemudian memverifikasi jumlahnya.

Untuk memastikan apakah sudah sesuai atau tidak, kemudian apakah telah memenuhi batas minimal atau tidak.

"Kalau memenuhi batas minimal dan data sesuai, kami terima. Tetapi kalau tidak, kami kembalikan untuk dilengkapi sampai batas waktu. Persoalan nanti apakah dia memenuhi syarat secara nasional, itu kewenangan KPU Pusat untuk menentukannya," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help