TribunPontianak/

Suhardi: Pengunjung Museum Mulai Meningkat

Dia menjelaskan untuk tiket, diberlakukan harga yang berbeda. Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk masyarakat umum

Suhardi: Pengunjung Museum Mulai Meningkat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Claudia Liberani
Museum Kalimantan Barat di Jalan A Yani Pontianak 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Sehari setelah peringatan Hari Museum Nasional, museum Kalbar yang diresmikan tahun 1983 ini tampak ramai oleh pengunjung, Jumat (13/10/2017).

Ada sekelompok siswa yang mengenakan pakaian olahraga, ada juga pengunjung yang bersantai sambil menikmati makanan ringan.

(Baca: KAHMI Pontianak Akan Live Streaming Debat Wali Kota di Facebook )

Pemandu Museum, Suhardi Hadran mengatakan pengunjung Museum Porivinsi Kalbar memang meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Untuk pengunjung museum cukup ada peningkatan tambah lagi sekarang kurikulum sekolah menganjurkan agar sekolah atau anak mengunjungi objek wisata atau sejarah," katanya, Jumat (13/10/2017).

Dari tiga kategori pengunjung, pelajar menjadi kategori yang paling banyak mengunjungi museum.

"Ada 3 kategori pengunjung di museuman, yaitu kategori pelajar yang terdiri dari TK sampai Perguruan tinggi, kategori masyarakat umum yang berupa masyarakat dewasa dari Kalbar maupun luar Kalbar dan terakhir adalah kategori asing dan peneliti," terangnya.

(Baca: Warga Perbatasan Panen Ikan Tapah di Nanga Sungai, Besarnya Seukuran Badan Manusia )

Dia menjelaskan untuk tiket, diberlakukan harga yang berbeda. Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk masyarakat umum dan Rp 10.000 untuk turis atau peneliti. Harga ini diberlakukan berdasarkan Perda.

"Tiap museum mempunyai keunikan masing-masing, sebagai satu-satunya museum negeri di bawah pemerintah Provinsi, koleksi di sini mencakup semua daerah di Kalbar," jelasnya.

Dia menuturkan tidak semua koleksi dipamerkan, dari 6.000 lebih koleksi, hanya 1.000 lebih yang dipamerkan.

Koleksi ditempatkan di tiga titik berbeda, yaitu di gedung pameran tetap, di sinilah pengunjung bisa memilki akses yang luas untuk melihat-lihat pameran, koleksi selanjutnya di tata di Plaza museum dan yang terkahir ditempatkan di storage, di sini jumlah pameran lebih banyak karena untuk persiapan pameran temporer, pameran keliling, dan nasional.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help