TribunPontianak/

Implementasi LTKL Tergantung Kearifan Lokal Kebupaten Sintang

Targetnya juga bisa ditentukan Kabupaten tersebut apakah maunya fokus ke energi, sosial, komoditas berkelanjutan, atau konservasi restorasi.

Implementasi LTKL Tergantung Kearifan Lokal Kebupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Gita Syahrani saat ditemui di Rumah Jabatan Bupati Sintang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Gita Syahrani mengatakan bahwa kegiatan Rencana Aksi LTKL Kabupaten Sintang menjadi pertemuan pertama yang akan merumuskan bagaimana Sintang melihat definisi lestari itu sendiri.

"Kami dari sekretariat sudah memfasilitasi Musi Banyuasim, Siak, dan sekarang Sintang. Masing-masing memang mempunyai karakteristik yang berbeda. Konsepnya sama keseimbangan sosial, ekonomi, dan lingkungan," katanya, Jumat (13/10/2017) pagi.

(Baca: Jarot Sampaikan 4 Poin Prioritas di Aksi Lingkar Temu Kabupaten Lestari )

Namun memang menurutnya bagaimana implementasi di lapangan akan tergantung kearifan lokal masing-masing kabupaten.

"Targetnya juga bisa ditentukan Kabupaten tersebut apakah maunya fokus ke energi, sosial, komoditas berkelanjutan, atau konservasi restorasi. Tergantung prioritas kabupaten," jelasnya.

Namun yang terpenting dikatakannya kabupaten harus berkomitmen bukan hanya sekedar visi misi, tetapi juga diturunkan kepada dokumen perencanaan bahkan sampai ke level anggaran.

Dalam pembentukan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL ) pada akhir tahun 2016 lalu, Kabupaten Sintang merupakan satu di antara inisiatornya.

Selain Sintang, ada tujuh kabupaten lainnya yaitu Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sanggau, dan Sigi.

"Kalau Sintang ini kan salah satu inisiator, jadi Pak Jarot banyak sekali memberikan masukan. Kita senang bahwa pertemuan sekarang inisiatif keluar dari Kabupaten. Kita melihat ini awal yang bagus dan mudah-mudahan akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan selanjutnya," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help