TribunPontianak/
Home »

Video

Berita Video

Air Bersih Melimpah, Kelam Sejahtera Ingin Bikin Usaha Minuman Kemasan

Desa kami, airnya bisa kering kalau kemarau sampai dua bulan. Itu jangan kan Kelam Sejahtera, di Sintang pun pasti kering

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG  - Kepala Desa dari beberapa desa di Sintang menghadiri Seminar dan Workshop Penyusunan Perdes Tentang BUMDes di Tingkat Kabupaten, Jumat (13/10/2017).

Kepala Desa Kelam Sejahtera, Hermanus Tuguk, menuturkan BUMDes sangat mungkin dibentuk di desa tersebut. Oleh karena potensi sumber daya alam yang melimpah.

"Seperti potensi air bersih di Kelam Sejahera sangat melimpah. Desa kami, airnya bisa kering kalau kemarau sampai dua bulan. Itu jangan kan Kelam Sejahtera, di Sintang pun pasti kering," ucapnya.

Dari potensi air bersih ini, memungkinkan BUMDes mengolah dengan menghasilkan air minum kemasan.

"Tak hanya minuman kemasan tapi juga air kesehatan seperti produk Kangen Water tersebut sangat mungkin diproduksi dan menjadi usaha desa," katanya.

(Baca: Warga Perbatasan Panen Ikan Tapah di Nanga Sungai, Besarnya Seukuran Badan Manusia )

Potensi lainnya, kata Hermanus, yaitu desa ini ditargetkan menjadi desa agro wisata.

"Sektor perikan sangat unggul di Kelam Sejahtera. Itu karena air bersih yang banyak tersedia. Nanti kami wajibkan tiap rumah punya minimal satu kolam ikan. Dukungan akan diberikan lewat pengadaan bibit ikan per 2018," katanya.

Berikut penjelasan Kades Kelam Permai. 

Penulis: Nina Soraya
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help