TribunPontianak/

Tumbuhkan Kreasi dan Kreatifitas, Kelompok Kerja Guru Gelar Berbagai Lomba

Sekitar 50 guru dari beberapa TK dan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi peserta.

Tumbuhkan Kreasi dan Kreatifitas, Kelompok Kerja Guru Gelar Berbagai Lomba
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SUBANDI
Peserta lomba dan panitia foto bersama usai pelaksanaan lomba di TK PGRI Karya Nilam Desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan, Kamis (12/10) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Kelompok Kerja Guru Gugus I Berlian Kecamatan Delta Pawan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah. Di antaranya lomba mengecat pada bahan tanaman serta lomba gerak dan lagu.

Lomba ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Karya Nilam Desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan, Kamis (12/10) sore.

Sekitar 50 guru dari beberapa TK dan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi peserta.

“Lomba ini merupakan rangkaian peringatan 1 Muharram. Sebelumnya kita menyelenggarakan lomba baca Alquran surah pendek, salawat dan pelatihan manasik haji,” kata Ketua Gugus I Berlian, Ratnawati, Kamis (12/10).

(Baca: Penggunaan Obat dan Kosmetik Semakin Meningkat, Ini Penjelasan Kadiskes Sekadau )

Ia menjelaskan khusus dua lomba terakhir sengaja diperuntukkan bagi para guru. Tujuannya memang untuk menumbuhkan kreasi dan kreatifitas pada para guru. Kemudian bisa disalurkan atau diajarkan kepada murid-muridnya.

Dicontohkannya lomba mengecat pada bahan tanaman seperti pada daun gugur. Peserta lomba mengecat daun itu menggunakan pewarna dan ditempel pada kertas kosong. Tujuannya untuk dijadikan sesuatu kreasi yang indah.

Sedangkan pada lomba gerak dan lagu pesertanya memilih lagu yang sudah ditentukan panitia. Di antaranya bintang kecil, menanam jagung dan lain-lain. Setelah peserta memilih satu lagu baru mereka menyesuaikan gerakannya.

“Pada lomba ini yang dinilai adalah kekompakan, kostum dan kesesuian gerak berupa tari sama lagu yang dipilihnya. Jadi geraknya mereka sendiri yang menciptakannya,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan pada para guru ini supaya ada imbas pada peserta didiknya masing-masaing. “Kita harapkan mereka bisa mengajar, membina dan mendidik murid-muridnya dengan berkreasi dan berkreatifitas,” tuturnya.

“Jadi untuk mendidik muridnya agar berkreasi dan berkreatifitas. Tentu para gurunya terlebih dahulu harus bisa berkreasi dan berkreatifitas. Makanya kita selenggarakan kegiatan ini,” lanajutnya Kepala TK PGRI Karya Nilam ini.

Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help