TribunPontianak/

Agar Fungsi Sungai Maksimal, Ini Saran Anggota Dewan Kubu Raya

Banyak sungai-sungai induk yang mengalami pendangkalan dan juga tumbuh rumput air dan bakung

Agar Fungsi Sungai Maksimal, Ini Saran Anggota Dewan Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MADROSID
Rumput bakung memenuhi bagian sungai di Desa Rasau Jaya Umum, Kamis (12/10). Akibatnya, rawan sekali terjadi banjir ketika hujan deras terutama pada laham petani masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Anggota DPRD Kubu Raya, Hamdan mengemukakan, banyaknya sungai atau parit di wilayah Kubu Raya memiliki fungsi tersendiri, khususnya bagi kehidupan masyarakat.

Baik berfungsi sebagai akses transportasi masyarakat, sampai sebagai serapan air. Sebab Kalbar merupakan cuaca tropis dan sering terjadi hujan.

"Namun dari banyaknya sungai perlu dilaksanakannya pemeliharan sungai secara berkala dengan normalisasi sungai yang sudah ada," katanya, Kamis (12/10).

Menurut dia, ada beberapa desa di Kecamatan Rasau Jaya, memiliki banyak sungait. Bahkan di atasnya ada bangunan jembatan sebagai akses masyarakat, guna penghubung antar daerah.

(Baca: Tim Hatemon Keberatan Keputusan Pemilihan Ulang Pilkades Antibar, Ini Alasannya )

Akibat tak dilaksanakannya normalisasi sampai terjadi ambruk akibat terdorong air ketika hujam deras bersama.rumput bakung yang tumbuh memenuhi aliran sungai.

"Banyak sungai-sungai induk yang mengalami pendangkalan dan juga tumbuh rumput air dan bakung yang berakibat fungsi sungai tidak mengalirkan air secara normal," ungkapnya.

Persoalan ini, lanjutnya, pemerintah daerah khususnya dinas terkait bisa mengalokasikan anggaran untuk normalisasi sungai yang sudah dangkal dengan pendataan sungai-sungai mana sudah urgent perlu pemeliharan agar tepat sasaran.

"Dengan ini bisa juga mencegah banjir ketika curah hujan cukup tinggi dan juga berdampak baik ketika kemarau sebab air pasang mengalirkan air itu, bisa bermanfaat bagi petani yang membutuhkan air," pungkasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help