TribunPontianak/

Citizen Reporter

Rombongan Pejabat Kalbar Kunjungan Kerja ke Bapenda Jawa Barat

Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Dirlantas Polda Kalbar, Bank

Rombongan Pejabat Kalbar Kunjungan Kerja ke Bapenda Jawa Barat
IST
Penyerahan cendera mata dari kepala BPKPD Prov Kalbar kepada Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat. 

Citizen Reporter
Cosmas Mauritius Decky, Humas BPKPD Provinsi Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BANDUNG - Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Dirlantas Polda Kalbar, Bank Kalbar, Bank BNI, Bank BRI dan PT. Jasa Raharja cabang Kalbar melakukan kunjungan kerja dalam rangka replikasi E- Samsat di Bapenda Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 Oktober 2017 di kantor Bapenda Pusat Provinsi Jawa Barat jalan Soekarno Hatta no 528.

Dalam kunjungan kerja BPKPD Provinsi Kalbar beserta Rombongan diterima langsung Kepala Bapenda Jawa Barat Bapak H. Dadang Suharto, SH, MM beserta jajarannya. Pertemuan kunjungan kerja ini membahas kerja sama E-Samsat

Kepala BPKPD Prov Kalbar, Samuel, SE, M.Si mengatakan E- Samsat ini dianggap perlu karena di tahun 2018 sudah harus diterapkan terkait instruksi presiden akan transaksi non tunai.

(Baca: Viral! Dua Wanita Berkelahi di Jalan Raya, Ini Kata Warganet )

E- Samsat juga merupakan salah satu tujuan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak kendaraan bermotor akan pelayanan dan mempermudah pembayaran pajak kendaraan dengan cara pembayaran melalui ATM Bank yang telah bekerja sama.

Dalam hal ini juga Kapala Badan Bapenda Jabar Dadang mengatakan banyak keuntungan serta kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh wajib pajak via ATM, diharapkan dapat menghindarkan percaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para wajib pajak.

Pembayaran Pajak kendaraan Bermotor melalui E-Samsat ini bisa dilakukan di 64.000 jaringan ATM-ATM Bank yang telah bekerja sama diseluruh wilayah Indonesia.

(Baca: Sidang Perdana Kasus Korupsi Rektor IAIN Pontianak Ditunda, Ternyata Ini Sebabnya )

Untuk mekanisme cara pembayarannya sendiri cukup mudah dilakukan, wajib pajak hanya perlu mendatangi ATM terdekat untuk membayar pajak kendaraan.

Dirlantas Polda Kalbar Kombes Pol Nanang Masbudi, S.IK, M.Si menyampaikan alasan tim Samsat Kalbar memilih ke Bapenda Jabar karena Bapenda Jabar merupakan salah satu yang mandiri dalam pelaksanaan E-Samsat serta tidak meminta bayaran apabila ada daerah yang ingin mereplikasi sistem E-Samsat Jabar.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help