TribunPontianak/

KPU Singkawang Buka Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019

Hingga kini, sudah ada beberapa partai politik yang sudah melakukan pendaftaran.....

KPU Singkawang Buka Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Ketua DPC Partai PDI Perjuangan Singkawang, Sujianto menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Singkawang, Rabu (11/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - KPU Singkawang telah membuka pendaftaran kelengkapan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilihan umum tahun 2019, 3-16 Oktober mendatang. Diakui oleh Ketua KPU Singkawang, Ramdan telah ada beberapa partai yang mendaftar.

"Hingga kini, sudah ada beberapa partai politik yang sudah melakukan pendaftaran. Namun dari beberapa partai politik itu, dua diantaranya yakni Perindo dan PDI Perjuangan Singawang dinyatakan sudah lengkap dan dianggap telah sesuai dengan aturan yang ditetapkan," ujar Ramdan, Rabu (11/10/2017).

(Baca: Imigrasi Singkawang Amankan Orang Gila Asal Taiwan )

Menurutnya, ada tiga item yang harus diperhatikan partai politik sewaktu akan melakukan pendaftaran calon peserta pemilihan umum tahun 2019. Ketiga item tersebut menurutnya harus sama jumlahnya dengan Sistem Aplikasi Partai Politik (Sipol) yang diisi oleh operator masing-masing partai

"Pertama, daftar nama dan alamat anggota partai politik yang dibuktikan dengan Formulir (F-2). Kedua, Kartu Tanda Anggota (KTA). Dan ketiga, KTP Elektronik atau surat keterangan (Suket). Kuncinya harus sama dengan Sipol, dimana jumlah antara Sipol dengan hard copy yang diserahkan ke KPU baik itu mengenai KTA, daftar nama anggota dan alamat dan KTP Elektronik semua harus sama dengan Sipol," ungkapnya.

Kemudian,ia berharap proses penyerahan berkas ke KPU diharapkan setelah DPP-nya mendaftarkan ke KPU RI.

"Mengenai pendaftaran ini juga kami telah membuka Help Desk. Jadi silahkan bagi partai politik yang ingin berkoordinasi dengan KPU mengenai apa-apa saja yang harus dilengkapi dalam proses penyerahan berkas partai politik ke KPU," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help