Begini Upaya UPB untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Kalbar

Rektor UPB, Prof Dr Ir Rahmatullah Rizieq MSi mengatakan pihaknya terus berusaha untuk menelurkan alumni-alumni yang kreatif.

Begini Upaya UPB untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/CLAUDIA LIBERANI
Rektor UPB, Prof Dr Ir Rahmatullah Rizieq MSi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sejak berdiri tahun 1979, Universitas Panca Bhakti terus berupaya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kalimantan Barat.

Rektor UPB, Prof Dr Ir Rahmatullah Rizieq MSi mengatakan pihaknya terus berusaha untuk menelurkan alumni-alumni yang kreatif.

"Kita menyiapkan lulusan yang siap untuk bekerja, dan kita memantau itu. Baru-baru ini yang sangat terpantau adalah fakultas teknik, walaupun akreditasinya C tetapi semua alumni terserap di dunia kerja demikian juga di fakultas ekonomi jurusan akuntansi," katanya, Rabu (11/10/2017).

(Baca: Lulus Terbaik dan Tercepat, Ini Kisah dan Pesan M Iqbal pada Mahasiswa UPB )

Dia mengatakan peran perguruan tinggi masih diperhitungan dalam dunia pekerjaan karena Sumber Daya Manusia tidak pernah habis.

Dia mengungkapkan pendidikan tidak sama dengan pengetahuan. Perguruan tinggi bukan hanya menelurkan sarjana saja tapi juga sebagai tempat di mana mereka mengembangkan ilmu pengetahuan

"Jadi bukan hanya sekadar lulus tapi ada pengembangan keilmuan yang harus dilakukan," jelasnya.

Dia menjelaskan UPB berkomitmen untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai perguruan tinggi, dari pendidikan ke pengetahuan. Dia sangat menyayangkan keadaan SDM yang memiliki pendidikan tinggi tapi pengetahuannya kurang.

Selain itu dia juga mengatakan UPB cepat merespon perubahan-perubahan yang terjadi.

"Seperti yang disampaikan ibu Mari. Ada 3 perubahan, pertama perubahan karena ada krisis ekonomi, kedua perubahan dari struktur perubahan ekonomi yang dulunya kita ini bergantung pada sektor pertanian kini kita berubah pada sektor jasa, yang ketiga adalah perubahan dalam hal teknologi yang mana teknologi ini menuntut semua orang untuk kreatif," terangnya.

Dia mengatakan perubahan inilah yang menjadi bekal bagi perguruan tinggi untuk membentuk mahasiswa agar kreatif dan menjadi alumni yang inovatif.

Selain komitmen tersebut, UPB melakukan peningkatan kualitas SDM dengan melakukan pembangunan di lingkungan Universitas baik itu pembangunan secara fisik maupun non fisik.

"Sudah beberapa tahun tidak melakukan pembangunan secara fisik, tapi kita melakukan pembangunan secara non fisik misalnya menyekolahkan dosen-dosen kita yang S1 dan S3, juga ada kegiatan-kegiatan peningkatan pengetahuan lainnya misalnya mengadakan seminar baik itu di luar negeri maupun dalam negeri, itu kita biayai semua yang penting mereka jadi pemakalah bukan peserta," pungkasnya.

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved