TribunPontianak/

Polres Sintang Monitor Kesiapan Pilkades Serentak Tahun 2018

Untuk melakukan koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2018 mendatang di Kabupaten Sintang.

Polres Sintang Monitor Kesiapan Pilkades Serentak Tahun 2018
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kanit I Sat Intelkam Polres Sintang, Aipda Sutino beserta anggota bertemu dengan Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Kabupaten Sintang Jabarudin di Kantor Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Selasa (10/20/2017) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kanit I Sat Intelkam Polres Sintang, Aipda Sutino beserta anggota bertemu dengan Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Kabupaten Sintang Jabarudin di Kantor Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Selasa (10/20/2017) siang.

Adapun pertemuan tersebut untuk melakukan koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2018 mendatang di Kabupaten Sintang.

"Koordinasi terkait pelaksanaan Pemilihan Kades secara serentak di Kabupaten Sintang, agar agenda kegiatannya bisa kita monitor dan langkah-langkah apa yang perlu dipersiapkan," Kanit I Sat Intelkam Polres Sintang, Aipda Sutino.

(Baca: Ada Aliran Agama BAAHI di Sintang, Mengaku Nabi dan Berasal dari Persia )

Ditambahkan olehnya apa yang dilakukan adalah untuk mengetahui sejauh mana persiapannya dan dipandang dari sisi kendala. Sehingga pada saat pelaksanaan nanti tidak ditemui hambatan yang bisa berdampak mengganggu kamtibmas.

"Melalui koordinasi yang baik tentunya akan didapati masukan-masukan yang bermamfaat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika nantinya ditemui kendala terkait keamanan selama pelaksanaan Pilkades," tuturnya.

Dari koordinasi yang dilakukan didapat hasil antara lain, untuk pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sintang sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dilaksanakan III gelombang yaitu pada tahun 2016, 2018, dan 2020.

Untuk gelombang I tahun 2016 telah dilaksanakan dan telah dilantik oleh Bupati Sintang hasil Pilkades serentak dari 39 Desa se Kabupaten Sintang, sementara untuk tahun 2018 ini direncanakan akan dilaksanakan kegiatan Pilkades serentak sekitar 30 Desa.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Sintang AKP Wiwin S. Arifin memaparkan untuk pelaksanaan Pilkades Serentak gelombang ke II yang akan diikuti sekitar 30 Desa pada tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang.

Direncanakan dilaksanakan pada bulan Juni 2018 sedangkan untuk tanggal pelaksanaan masih menunggu koordinasi dengan Bupati Sintang mengingat pada bulan tersebut juga akan dilaksanakan Pilgub Kalbar tahun 2018.

"Untuk kepastian tanggalnya kita masih menunggu keputusan dari Pak Bupati, namun demikian direncanakan mulai tanggal 19 Oktober 2017, Pemerintah Desa akan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pilkades Serentak 2018 di seluruh Kecamatan," tutup Kasat.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help