TribunPontianak/

Tangani Pasca Banjir di Kalbar, BPBD Lakukan Upaya Ini

Upaya lain yang dilakukan antara lain meminta Bupati/Walikota se-Kalbar melalui BPBD masing-masing mengoptimalkan rakor dengan instansi terkait

Tangani Pasca Banjir di Kalbar, BPBD Lakukan Upaya Ini
Tribun Pontianak/Anesh Viduka
Kepala BPBD Kalimantan Barat, TT Nyarong 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, TTA Nyarong mengatakan, telah dilakukan upaya penanganan bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Jelai Hulu, Kecamatan Tumbang Titi dan Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang selanjutnya Kecamatan Kuala Behe, Menyuke dan Meranti Kabupaten Landak serta beberapa kecamatan di Kabupaten Melawi.

Upaya-upaya yang dilakukan antara lain  meminta Bupati Ketapang, Landak, Melawi dan Sintang segera  menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor.

"Dengan tujuan agar penanganannya terkoordinasi dengan baik, cepat dan tanggap," katanya, Minggu (1/10/2017).

(Baca: DPRD Kalbar Godok Perda Daerah Aliran Sungai)

Selain itu telah melaporkan kejadian bencana kepada Pemerintah Pusat c.q. Kepala BNPB-RI dan telah memberi bantuan berupa uang tunai yang bersumber dari dana APBN sebesar masing-masing Rp 250 juta untuk Kabupaten Ketapang dan Landak.

Upaya lain yang dilakukan antara lain meminta Bupati/Walikota se-Kalbar melalui BPBD masing-masing mengoptimalkan Rapat Koordinasi dengan instansi terkait termasuk TNI dan POLRI.

Mengoptimalkan Tugas-tugas Satgas.

Telah diupayakan memberikan bantuan kepada warga yang terkena banjir di beberapa desa hingga kecamatan di Kabupaten Ketapang, Landak.

"Selanjutnya pada tanggal 8 September 2017 Gubernur Kalbar telah menetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor di Kalbar," ungkapnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help