Jaga Hubungan Baik dengan Warga Sekitar Pabrik, PT WHW AR Melaksanakan Upacara Adat

Tujuan dilaksanakan upacara itu juga untuk mengucap syukur atas konstruksi pabrik yang telah selesai dan operasional yang lancar.

Jaga Hubungan Baik dengan Warga Sekitar Pabrik, PT WHW AR Melaksanakan Upacara Adat
ISTIMEWA
Manajemen PT WHW AR dan lain-lain sedang melaksanakan rangkaian Upaca Adat Bapalas Benua Bekasik di lokasi pabriknya di Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan, Kamis (28/9).  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR) menyelenggarakan upacara adat Dayak Bapalas Benua Bekasik di Jarau Kota Mara atau Gerbang Adat Kecamatan Kendawangan di lokasi perusahaanya di Desa Mekar Utama, Kamis (28/9).

Kegiatan untuk melestarikan adat budaya Dayak di Ketapang itu dilaksanakan bersama Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kendawangan. Upacara ini dihadiri Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

Hadir juga para Demong Adat Kendawangan, Ketua Harian DAD Ketapang, Bupati Ketapang, Martin Rantan diwakili Asisten III Setda Ketapang, Manajemen PT WHW AR yang diwakili Deputy General Manager Jakarta, Stevi Thomas.

(Baca: Butik Ini Sediakan Fashion Bangkok First Hand Berharga Terjangkau )

General Manager Site PT WHW AR, Li Yuyong. Stevi Thomas mengatakan Upacara Bapalas Benua Bekasik ini merupakan wujud nyata terciptanya hubungan yang harmonis antara PT Well Harvest Winning dengan masyarakat sekitar.

Ia menjelaskan upacara ini adalah upacara yang dilaksanakan oleh Suku Dayak pada saat usai masa panen. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur yang telah dianugerahkan oleh Sang Pencipta kepada para petani desa.

Kemudian juga sebagai media tolak bala terhadap roh-roh jahat. Menurutnya Upacara Bapalas Benua Bekasik yang diselenggarakan oleh PT WHW AR ini merupakan upacara yang pertama diselenggarakan di Kendawangan.

“Upacara ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan budaya Dayak di Ketapang,” katanya melalui rilis Public Relation PT WHW AR, Hen Roliya, Jumat (29/9).

(Baca: Karolin Cabut Rumput di Terminal Ngabang, Begini Reaksi Pemilik Ruko  )

Halaman
12
Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved