TribunPontianak/

Saprahan Berpotensi Tarik Minat Wisatawan Kunjungi Ponttianak

Budaya saprahan ini sangat berpotensi mengundang wisatawan luar datang di Pontianak, apalagi kita di Pontianak ini sangat terkenal kulinernya.

Saprahan Berpotensi Tarik Minat Wisatawan Kunjungi Ponttianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Pelajar SLTP menghidangkan menu makanan pada Festival Saprahan tingkat pelajar SLTP sederajat se kota Pontianak yang diselenggarakan Pemerintah kota Pontianak melalui Dinas Pendidikan Kota Pontianak di rumah adat Melayu, jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/9/2017). Festival Saprahan ini diikuti oleh 23 kelompok yang terdiri 21 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta yang terbagi dalam 19 tim putri dan 4 tim putra. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak, Sy Saleh mengatakan budaya saprahan sangat berpotensi untuk mendulang wisatawan luar untuk datang di Pontianak, karena ini berkaitan dengan wisata kuliner, terlebih Kota Pontianak juga dikenal dengan kulinernya.

"Budaya saprahan ini sangat berpotensi mengundang wisatawan luar datang di Pontianak, apalagi kita di Pontianak ini sangat terkenal kulinernya," ucapnya saat festival saprahan tingkat SMP Kota Pontianak, yang dilangsungkan di Rumah Adat Melayu Kalbar, Selasa (26/9/2017).

(Baca: Semua SMP di Pontianak Wajib Ikut Festival Saprahan )

Ditegaskannya saprahan ini adalah budaya lokal, yang sudah biasa dilaksanakan oleh orangtua terdahulu, dengan diadakannya festival dinilainya sangat baik untuk pengenalan budaya pada anak-anak.

"Ini perlu dikembangkan, terkiat dengan pariwisata, sudah banyak rumah makan dan restoran di Pontianak mengadopsi saprahan," katanya.

Bahkan itu sesuatu baru bagi orang asing ketika datang di Pontianak. Kalau itu terus dikembangkan maka wisata Kuliner akan meningkat karena orang menemukan hal baru dalam wisata kuliner.

"Saya berharap kegiatan semacam ini harus sering dilakukan kedepannya agar anak-anak kita paham akan budaya. Bahkan kedepan kita akan rencana mengkombinasikan kegiatan kulminasi dan diisi juga dengan tradisi saprahan ini dan ini bisa mengundang wisatawan," harapnya

Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help