TribunPontianak/

Jaga Keselamatan Ketika Berkendara, Saat Belok Jangan Ngerem tapi Lakukan Teknik ini!

Jika saja saat berbelok menemukan rintangan, misalnya permukaan licin karena oli atau pasir, jangan mendadak menggunakan rem manapun saat setang masih

Jaga Keselamatan Ketika Berkendara, Saat Belok Jangan Ngerem tapi Lakukan Teknik ini!
Otomania.com

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam pemakaian sepeda motor harian, mengerem saat berbelok adalah teknik yang tidak dianjurkan menurut kacamata keselamatan berkendara.

Sikap yang benar yaitu mengurangi kecepatan sebelum berbelok.

“Saat belok tidak dianjurkan mengerem, yang dianjurkan itu dilakukan sebelum menikung. Karena, permukaan ban yang menempel ke jalan itu mengecil saat belok, risiko ban tergelincir lebih besar,” urai Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, Selasa (25/10/2016).

Jika saja saat berbelok menemukan rintangan, misalnya permukaan licin karena oli atau pasir, jangan mendadak menggunakan rem manapun saat setang masih belok.

(Baca: Satu Motor yang Naik Sampai 10 Orang, Kok Bisa Sih? Tonton Videonya! )

Diusahakan setang lurus saat melewati rintangan setelah aman baru rem digunakan.

Situasi demikian memang bisa sulit dilakukan, namun teknik itu yang tepat untuk menghindari ban tergelincir dan jadi penyebab kecelakaan.

"Tetap menggunakan rem depan cuma jangan terlalu keras. Kalau pakai rem belakang pasti tergelincir karena sifatnya melawan arah," kata Michael.

Artikel ini telah dipublikasikan sebelumnya oleh kompas.com dengan judul: Cara Mengerem Saat Mau Belok

Editor: Mirna Tribun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help