TribunPontianak/

GPOCP Beri Kuliah Umum Tentang Observasi Oraangutan

Gunung Palung Orangutan Conservatio Program (GPOCP) menyampaikan kuliah umum di Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

GPOCP Beri Kuliah Umum Tentang Observasi Oraangutan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Peserta sedang mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan GPOCP. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Gunung Palung Orangutan Conservatio Program (GPOCP) menyampaikan  kuliah umum di Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Rabu (20/9/2017).

Materinya terkait penelitian konservation primata di Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). 

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas MIPA Untan Pontianak, Mulyadi.

Kemudian menhadirikan empat presentasi yakni pertama Teri Lee Breeden Direktur Program Konservasi Yayasan Palung menyampaikan tentang onservasi orangutan di Gunung Palung.

(Baca: Yayasan Palung Gelar Peringatan Hari Orangutan Sedunia, Ini Harapannya )

Kedua Brodie Philp Manager Peneliti Orangutan menyampaikan terkait penelitian orangutan. Ketiga Elizabeth Barrow dari Program Kelempiau dan Kelasi (KKL) menyampaikan penelitian primata. Keempat Direktur Penelitian Yayasan Palung, Wahyu Susanto.

Pemateri terakhir ini menyampaikan presentasi terkait prosedur untuk kegiatan magang dan penelitian di Cabang Panti, TNGP. Pemateri pertama Terri menjelaskan program konservasi yang Yayasan Palung lakukan terkait ancaman dan strategi.

Satu di antaranya saat ini berdasarkan data dapat dikatakan bahwa masih terjadinya orangutan kehilangan habitatnya di Zona Penyangga TNGP. Lantaran masih maraknya perburuan liar dan masih minimnya peluang pendapatan ekonomi masyarakat lokal.

Kemudian masih rendahnya pengetahuan masalah lingkungan dan kepedulian. Serta masih minimnya informasi terkait populasi dan status orangutan. Sehingga perlu strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

Halaman
123
Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help