TribunPontianak/

Kelompok Tani Akan Terima Bantuan Alsintan, Ini Pesan DPRD Sambas

Pihaknya mengharapkan adanya pembinaan dan penyuluhan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas kepada para petani terus-menerus...

Kelompok Tani Akan Terima Bantuan Alsintan, Ini Pesan DPRD Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berada di depan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Kamis (14/9/2017). Alsintan ini dalam waktu dekat akan dibagikan kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Sambas. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua Komisi B DPRD Sambas, Anwari menyambut baik penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang akan diserahkan dalam waktu dekat ini oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Sambas.

"Kami dari DPRD Sambas menyambut baik terhadap program dan kegiatan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas. Merealisasikan Alsintan kepada kelompok-kelompok tani yang memang sudah di seleksi memenuhi kriteria menerima," ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (14/9/2017).

Pihaknya mengharapkan adanya pembinaan dan penyuluhan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas kepada para petani secara terus-menerus.

(Baca: Dinas Pertanian Sambas Akan Bagikan Alsintan Kepada Kelompok Tani )

"Termasuk yang berkaitan dengan penggunaan Alsintan ini. Alat ini kan saya lihat sudah modern, ada alat yang untuk panen dan lainnya. Artinya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas tidak henti-hentinya memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada petani, agar kesejahteraan petani itu bisa lebih baik, dan meningkat," jelasnya.

Kemudian kepada petani, Anwari mengharapkan agar dapat menggunakan Alsintan ini dengan sebaik-baiknya dan sebijaksana mungkin.

Termasuk dalam hal perawatan Alsintan yang diberikan.

"Kalau ada kerusakannya, perbaiki. Jadi Pemerintah Daerah kan sudah tidak lagi menanggungnya, setidaknya anggota Gapoktan atau Poktan harus merawat dan memeliharanya dengan baik," terangnya.

Terkait adanya kekurangan Alsintan jenis mesin Combine Harvester oleh Gapoktan Semangat Maju Desa Sepinggan, Kecamatan Semparuk.

Anwari menyarankan agar petani-petani yang tegabung dalam Gapoktan Semangat Maju dapat memaksimalkan Alsintan yang ada terlebih dahulu, dan mengusulkan kekurangannya pada tahun selanjutnya.

"Jadi saya pikir memang kurang untuk Gapoktan di Sepinggan itu. Namun saya rasa alat yang ada ini diberdayakan dulu semaksimal mungkin. Mungkin kekurangannya diusulkan di tahun-tahun berikutnya," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help