TribunPontianak/

Kapolda Kalbar Imbau Warga Bijak Manfaatkan Media Sosial

Ia bahkan mengatakan, beberapa waktu lalu hampir terjadi kericuhan yang diakibatkan oleh informasi hoax di kalangan masyarakat.

Kapolda Kalbar Imbau Warga Bijak Manfaatkan Media Sosial
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto didampingi Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat, dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius saat konsperensi pers dihadapan awak media di Mapolres Sekadau, Kamis (14/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Warga diminta untuk memanfaatkan media sosial secara bijak.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto saat kunjungan kerja ke Mapolres Sekadau, Kamis (14/9/2017).

Ia bahkan mengatakan, beberapa waktu lalu hampir terjadi kericuhan yang diakibatkan oleh informasi hoax di kalangan masyarakat.

"Dimana pada saat itu ada beredar berita hoax di media sosial yang hampir memicu kericuhan. Setelah kita selidiki berita dengan gambar yang ditayangkan tidak sama, dimana gambar atau video yang terjadi ditempat lain, dikaitkan dengan isu yang sedang terjadi," ujarnya.

(Baca: Video Kapolda Kalbar Resmikan Taman Bacaan di Sekadau )

Erwin menambahkan, untuk mengantisipasi hal serupa kembali terjadi, pihaknya sudah membentuk tim cybercrime di Polda Kalbar, yang diikuti di setiap Polres di Kalbar.

Jenderal bintang dua ini juga berpesan kepada masyarakat, agar dapat lebih berhati-hati dalam menerima segala informasi. Kebenaran dari informasi tersebut harus di cek ke beberapa sumber, tidak hanya mengacu kepada satu sumber.

"Bagaimana menuliskan informasi yang baik dan bisa memilih berita yang proporsional.Sehingga informasi yang sampai ke masyarakat adalah informasi yang benar, bukan informasi yang salah. Karena ada beberapa segilintir oknum yang membuat kondisi menjadi ricuh dengan menyebarkan berita atau informasi hoax," tegasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help